Anaerobic Jars – Pengertian, Fungsi dan Cara Menggunakan

Anaerobic Jars – Halo para pembaca artikel alat laboratorium, bagaimana kabarnya ? Semoga anda sehat selalu ya. Kali ini penulis akan membahas seputar alat anaerobic jars. Ada yang pernah mendengarnya ? Alat laboratorium yang satu ini sangat erat kaitannya dengan bakteri. Karenanya, alat ini biasa digunakan di dalam laboratorium mikrobiologi. Seperti apa sih fungsi dan cara menggunakannya ? Mari kita simak ulasannya berikut ini.

ilustrasi alat anaerobic jars
Contoh Gambar Anaerobic Jars

Pengertian Anaerobic Jars

Anaerobic jars adalah alat laboratorium dengan menggunakan system wadah tertutup kedap udara, yang digunakan untuk melakukan proses kultivasi mikroorganisme yang bersifat anaerob. Apa itu anaerob ?

Anaerob adalah suatu kondisi dimana mikroorganisme tersebut dapat bertahan hidup dan berkembang biak tanpa memerlukan oksigen.

Sebelum lanjut ke pembahasan, PT Andaru Analitika Sains sebagai salah satu distributor alat laboratorium juga menjual berbagai macam kebutuhan laboratorium anda. Seperti yang digunakan di laboratorium kimia, mikrobiologi farmasi dan biologi. Untuk informasi lebih lanjut anda bisa hubungi WhatsApp : +62-8777-7277-740 atau Tel : (0251) 7504679. Link alamat penulis sertakan di googlemaps.

Prinsip Kerja

Selanjutnya kita beralih ke prinsip kerja ya. Prinsip kerja dari alat ini adalah dengan menggunakan metode GasPak System. GasPak adalah suatu metode yang digunakan untuk mengelola atau melakukan penelitian dengan mikroorganisme yang bersifat anaerobic. (GasPak Generator) ini terdiri dari sodium bikarbonat dan sodium borohidrit. Keduanya akan melakukan reaksi dengan air, dan akan menghasilkan karbon dioksida juga hidrogen.

Fungsi Alat Anaerobic Jars

Alat laboratorium anaerobic jars ini berfungsi untuk melakukan proses kultivasi (proses pengolahan pertanian ) dari mikroorganisme yang memiliki sifat anaerob, atau tidak membutuhkan oksigen.

Cara Menggunakan

ilustrasi menggunakan anaerobic jars
Cara Menggunakan Alat

Kita beralih ke cara menggunakan ya. Berikut tahapannya :

  1. Pastikan anda sudah menggunakan APD atau alat pelindung diri dengan baik dan benar,
  2. Selanjutnya, siapkan komponen-komponen yang mendukung jalannya proses analisa. Seperti cawan petri kosong, GasPak, indicator strip, cawan petri kosong, juga yang terpenting adalah alat anaerobic jars dan lid.
  3. Lalu, bersihkan tangan dengan alcohol 96%.
  4. Kemudian, buka tutupnya, dan masukkan cawan petri yang sudah berisi mikroorganisme ke dalamnya. Jika sudah, buka anaerobic indicator dan masukkan ke dalam. Taruh pada bagian pinggir di sebelah cawan petri.
  5. Jika sudah, kemudian tutup kembali anaerobic jars dengan penutup secara rapat.
  6. Tunggu hingga 30 menit.
  7. Jika sudah, maka mikroorganisme dalam cawan petri dapat digunakan untuk penelitian selanjutnya.

Alat yang satu ini memang harus diperlakukan dalam keadaan steril, karena penggunaannya dilakukan di laboratorium mikrobiologi. Bagi anda yang pernah menggunakan alat ini, boleh bagikan pengalamannya di kolom komentar ya.

Ditulis Oleh : DNA

Referensi : Semantic Scholar

Sampai disini dulu artikel seputar  Anaerobic Jars , semoga artikel ini dapat membantu ya. Ikuti terus artikel alat laboratorium lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *