Pipet Tetes – Fungsi dan Cara Menggunakannya di Laboratorium

Pipet Tetes – Halo sobat pembaca artikel alat laboratorium, bagaimana kabarnya? Semoga anda semua dalam kondisi sehat ya. Di artikel kali ini penulis akan membahas salah satu alat laboratorium yang sangat sering digunakan di laboratorium. Bahkan alat yang satu ini sudah pasti ada di dalam setiap laboratorium, karena fungsinya yang sangat penting. Alat apakah itu? Yuk simak ulasannya di bawah ini.

ilustrasi alat pipet tetes
Contoh Gambar Alat Pipet Tetes

Apa Itu Pipet Tetes ?

Pipet tetes merupakan salah satu alat kimia yang sangat umum digunakan dalam melakukan proses pengambilan cairan atau larutan dengan skala yang kecil. Alat yang satu ini terbuat dari kaca atau plastik dengan bentuk ujung meruncing dan pada bagian pangkalnya terdapat karet. Pipet tetes untuk membantu memindahkan cairan dari satu wadah ke wadah lainnya.

Apakah anda sudah sering menggunakannya ? Jika iya, boleh bagikan pengalamannya di kolom komentar ya.

Sebelum lanjut ke pembahasan, PT Andaru Analitika Sains sebagai salah satu distributor alat laboratorium juga menjual berbagai macam kebutuhan laboratorium anda. Seperti yang digunakan di laboratorium kimia, mikrobiologi farmasi dan biologi. Untuk informasi lebih lanjut anda bisa hubungi WhatsApp : +62-8777-7277-740 atau Tel : (0251) 7504679. Link alamat penulis sertakan di googlemaps.

Fungsi Pipet Tetes di Laboratorium

Fungsi pipet tetes adalah sebagai alat laboratorium yang membantu memindahkan cairan dari satu wadah ke wadah lainnya. Jumlah cairan yang dipindahkan terhitung kecil, biasanya terlihat dari tetes demi tetes saja.

Tips Menggunakan Pipet

Bagi anda yang hendak menggunakan alat ini, pastikan untuk memperhatikan ketelitian nya ya. Berikut penulis sampaikan beberapa tips menggunakan pipet tetes :

  1. Gunakan pipet sesuai kebutuhan. Jika volume nya sedikit, pastikan untuk menggunakan pipet yang kecil.
  2. Sesuaikan volume yang ada pada masing-masing ukuran pipet.
  3. Selalu periksa tip pipet. Pastikan tip pipet selalu dalam keadaan bersih ya. Untuk membersihkannya anda bisa menggunakan aquades terlebih dahulu.
  4. Pasang tip dengan cara yang benar.
  5. Selalu gunakan hand gloves agar pipet terhindar dari kontaminasi.
ilustrasi cara menggunakan pipet
Cara Menggunakan Pipet Tetes

Cara Menggunakan

Penggunaan pipet tetes ini sebenarnya terbilang mudah. Berikut tahapan yang anda lakukan ketika menggunakan pipet tetes :

  1. Pastikan anda sudah menggunakan hand gloves sebelum memulai.
  2. Pasangkan tip dengan karet di bagian atas.
  3. Cara penggunaan pipet tetes yang tepat adalah dengan menekan bagian karet, agar udaranya dapat keluar terlebih dahulu. Jika adan menekannya ketika di dalam air, maka udara yang keluar mungkin dapat bereaksi dengan zat cair.
  4. Kemudian selanjutnya, ketika mengambil larutan, tekan karet pada bagian atas.
  5. Lalu, masukkan ujung pipet ke dalam larutan/reagen yang akan diambil. Lepas karet penghisap dan pindahkan larutan tersebut ke wadah lain yang telah dipersiapkan.
  6. Sudah. Cukup mudah bukan?

Alat yang satu ini memang menjadi alat yang wajib dimiliki bagi para mahasiswa di bidang kimia, farmasi, biologi hingga kedokteran. Ya, karena pipet tetes sangat dibutuhkan untuk menunjang jalannya praktikum tersebut.

Ditulis Oleh : DNA

Sampai disini dulu artikel seputar fungsi dan cara menggunakan pipet tetes. Karena masih berada di masa pandemi covid-19, jangan lupa untuk tetap patuhi protocol kesehatan 5M ya, seperti menjaga jarak, memakai masker, menghindari kerumunan, mencuci tangan dan mengurangi mobilitas. Stay healthy labs!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *