Pengertian Mikroskop Yang Perlu Dipahami

Pengertian mikroskop – Halo pembaca artikel alat laboratorium, pada artikel kali ini penulis akan membahas artikel pendek berjudul Pengertian Mikroskop. Untuk lebih jelasnya, yuk kita lanjut pembahasan pengertian water bath.

Jika diantara Anda ada yang sudah pernah menggunakan alat mikroskop dan memiliki pengetahuan lain tentang alat laboratorium ini, silahkan isi di kolom komentar ya.

Pengertian Mikroskop

ilustrasi gambar pengertian mikroskop

Mikroskop berasal dari bahasa Yunani yaitu micron yang artinya “kecil” dan scopos yang artinya “tujuan”. Jadi, dapat dikatakan bahwa mikroskop adalah sebuah alat laboratorium yang digunakan untuk melihat obyek yang terlalu kecil dengan kasat mata. Mikroskop secara familiar juga dapat disebut dengan kata “mikroskopik”.

Alat utama yang digunakan mikroskop adalah lensa objektif dan lensa okuler. Dalam mikroskop baik lennsa objektif maupun lensa objektif keduanya merupakan lensa cembung. Secara garis besar lensa objektif menghasilkan suatu bayangan sementara yang mempunyai sifat semu, terbalik dan di perbesar terhadap posisi benda mula –mula.

Adapun pengertian mikroskop menurut encyclopedian britannica dan national geography yang memiliki pendapat berbeda tetapi makanya sama.

Pengertian Mikroskop Menurut Para Ahli

Encyclopedia Britannica

ilustrasi gambar encyclopedia britannica

Mikroskop adalah instrumen atau alat yang menghasilkan gambar yang diperbesar dari benda-benda kecil, memungkinkan pengamat melihat dari dekat struktur menit pada skala yang nyaman untuk diperiksa dan dianalisis. Mikroskopik dapat memberikan gambar dinamis (seperti dengan instrumen optik konvensional) atau yang statis (seperti dengan mikroskopik elektron pemindaian konvensional).

National Geographic

Mikroskop adalah alat laboratorium yang digunakan untuk memperbesar benda kecil. Beberapa mikroskop bahkan dapat digunakan untuk mengamati objek pada tingkat sel, memungkinkan para ilmuwan untuk melihat bentuk sel, nukleusnya, mitokondria, dan organel lainnya. Sementara mikroskopik modern memiliki banyak bagian, bagian terpenting adalah lensanya. Melalui lensa mikroskopik lah gambar suatu objek dapat diperbesar dan diamati secara detail.

Sebuah mikroskop cahaya sederhana memanipulasi bagaimana arti cahaya memasuki mata menggunakan lensa cembung, di mana kedua sisi lensa melengkung ke arah luar. Ketika cahaya memantul dari objek yang dilihat di bawah mikroskopik dan melewati lensa, itu membungkuk ke arah mata. Ini membuat objek terlihat lebih besar dari yang sebenarnya.

Penulis : FR

Sumber : academia, wikipedia

Oke, sampai disini dulu pembahasan tentang pengertian mikroskop ya. Pada artikel pendek selanjutnya penulis akan membahas tentang fungsi mikroskop. Jika anda ingin membaca artikel versi lengkap, bisa menekan link berikut : mikroskop.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *