Friability Tester – Pengertian, Fungsi, Jenis dan Cara Menggunakan

Friability Tester – Friability tester merupakan salah satu alat laboratorium yang digunakan pada serangkaian pengujian farmasi. Alat ini digunakan untuk menguji kerapuhan suatu tablet yang biasa digunakan pada laboratorium farmasi. Dan pada artikel ini, penulis akan mengulas beberapa poin mengenai alat tersebut, mulai dari pengertian friability tester, fungsi friability tester, prinsip kerja friability tester, bagian-bagian alat friability tester, cara menggunakan friability tester, tips menggunakan friability tester, cara merawat friability tester, kalibrasi alat friability tester, kisaran harga friability tester, tempat jual friability tester hingga FAQ seputar friability tester. Yuk kita simak ulasannya.

PT. Andaru Analitika Sains sebagai konsultan alat laboratorium menjual alat Friability Tester tersebut. Untuk informasi lebih lengkap, anda bisa menghubungi customer service kami via whatsapp 087777277740 atau Telepon (0251) 7504679 atau berkunjung ke kantor langsung. Link pengetahuan produk friability tester kami sertakan pada link : jual friability tester

jual-alat-laboratorium-kontak-whatsapp-apm

ilsutrasi friability tester
Alat Friability Tester

Pengertian Friability Tester

Friability tester adalah alat dari instrumen farmasi yang digunakan untuk menentukan tingkat kerapuhan suatu tablet. Sebelum tablet  dilakukan pengujian dengan alat friability tester, tablet tersebut perlu dimasukkan ke dalam drum. Lalu, anda bisa atur kecepatan dan waktu dari alat tersebut.

Bicara mengenai friability tester, tidak akan terlepas jauh dari sediaan tablet. Apa itu tablet ?

Tablet adalah bentuk sediaan farmasi yang mengandung bahan obat dengan bentuk yang bulat. Berdasarkan cara pemakaiannya tablet dibagi menjadi 2, yaitu tablet biasa/tablet telan dan tablet kunyah. Tablet dikatakan bentuk sediaan konvensional yang paling banyak digunakan karena memiliki berbagai keuntungan dan 70% dari
obat-obatan yang dibagikan adalah dalam bentuk tablet.

Agar mendapat kualitas tablet yang baik, harus memenuhi kriteria berikut :

  1. Mempunyai kekerasan yang cukup dan tidak rapuh, sehingga kondisinya baik selama fabrikasi, pengemasan, pengangkutan sampai pada konsumen.
  2. Dapat melepaskan obatnya.
  3. Memenuhi persyaratan keseragaman bobot tablet dan kandungan obatnya (Shethet al., 1980). Pada dasarnya bahan pembantu tablet harus bersifat netral, tidak berbau, tidak berasa dan sedapat mungkin tidak berwarna (Vigot, 1984).

Pengertian Friability Tester Menurut Beberapa Sumber

friability tester
Pengertian Friability Tester

Menurut WHO (2011)

Friability Tester adalah alat yang digunakan untuk menentukan keregasan, kerapuhan atau kepadatan tablet terutama pada waktu tablet akan dilapisi (coating). Sebelum tablet tersebut diuji dengan friability tester, tablet yang akan diberikan kepada pasien harus ditimbang dahulu kemudian dimasukkan pada chamber.

Menurut Gashaw Binega. et al.,
Dalam Jurnal Internasional Penelitian Farmasi Industri Volume -03 (02) tahun 2013, untuk menentukan kualitas
tablet dengan kualitas baik perlu dilakukan beberap pengujian. Diantaranya ada pengujian kualitas standar tablet yaitu uji keseragaman ukuran, uji kekerasan, uji keregasan (friability tester), uji waktu hancur dan penetapan kadar.

Prinsip Kerja Friability Tester

Prinsip dasar dari alat ini adalah untuk mengetahui tingkat kerapuhan suatu obat, khususnya tablet. Pada proses pengukuran, alat dapat diputar sesuai kecepatan yang ditentukan. Waktu yang digunakan pada saat melakukan pengujian dengan alat ini adalah sekitar 4 menit. Dalam 4 menit tersebut didapat 100 putaran. Hal ini tertuang dalam ketentuan kerapuhan tablet.

Fungsi Friability Tester

fungsi alat
Fungsi Alat Friability Tester

Kita ke poin selanjutnya yuk. Seperti yang kita tahu, friability tester memiliki fungsi untuk menentukan keregasan, kerapuhan dan kepadatan suatu tablet. Seperti yang kita tahu, nilai kerapuhan tablet tidak boleh melebihi dari 1%. Pengujian keregasan tablet ini dilakukan dengan sebagai berikut :

  1. Pertama, tablet sekitar 650 mg ditimbang dengan jumlah 6,5 gram atau tablet dengan bobot > 650 mg. Kemudian diambil sampel sebanyak 10 unit.
  2. Lalu, tablet dimasukkan ke dalam alat, kemudian alat diputar, dan timbang kembali berat tablet yang
    telah diputar.
  3. Perlu diingat, berat tablet tidak boleh lebih dari 1% ketika sebelum dan sesudah diputar.

Fungsi Friability Tester di Laboratorium Farmasi

Obat adalah hal yang sangat penting bagi kehidupan sehari hari.. Dalam pembuatan obat, perusahaan obat atau rumah sakit. Tiap rumah sakit dan perusahaan obat tentu saja tidak boleh sembarangan dalam meracik obat, karena hal ini menyangkut nyawa manusia. Dengan alasan inilah friability tester menjadi alat yang penting digunakan di laboratorium farmasi.

fungsi alat
Friability Tester di Laboratorium Farmasi

Alat friability tester adalah alat yang termasuk dalam instrumen farmasi, yang digunakan untuk menguji keregasan pada obat tablet. Alat ini sangat memiliki peran yang krusial di bidang farmasi, apalagi pada industri obat. Pada pengujian kelayakan obat, ada tiga hal yang mempengaruhi proses pengujian yaitu kecepatan putaran, waktu pengujian dan timbangan. Proses ini mengharuskan anda untuk mengatur kecepatan putar tablet, yang kemudian ditampilkan pada layar LCD. Setelah diatur maka tekan tombol start, lalu mikrokontroler akan mengirimkan sinyal kerangkaian motor untuk bekerja dan memulai memutar drum yang berisikan obat tablet sesuai dengan kecepatan dan waktu yang telah diatur.

Mengapa Pengujian Friability Tester Itu Penting ?

  1. Membantu menentukan resistensi tablet yang tidak dilapisi terhadap abrasi dan guncangan selama pembuatan, pengepakan, dan pengiriman.
  2. Memberikan perusahaan farmasi peluang untuk melakukan penelitian. Pengetahuan tentang penyebab kerusakan tablet selama pengujian dapat mengurangi kerugian perusahaan.
  3. Mengontrol stabilitas tablet yang tidak dilapisi di industri farmasi, rumah sakit, dan lembaga pengujian obat.
  4. Menyediakan data untuk tablet berlapis gula yang andal.
  5. Melindungi hak konsumen. Beberapa tablet dapat menurunkan 1% atau kurang berat, dan ini umumnya dapat diterima.

Gambar-Gambar Alat Friability Tester

macam-macam alat
Macam-Macam Friability Tester
friability single drum
Jenis Single Drum Friability
friability tester
Double Dream Friability Tester

Bagian-Bagian Alat Friability Tester

Jika sudah mempelajari mengenai pengertian, fungsi, dan prinsip kerja, sekarang penulis akan mengulas bagian-bagian yang terdapat pada alat friability tester. Terdapat beberapa bagian yang terdapat pada alat ini, diantaranya sistem kalibrasi, drum, motor gear DC senyap, navigator roda, printer, dan baki pengumpul pelepas muatan. Berikut bagiannya :

bagian-bagian-alat
Bagian-Bagian Friability Tester

Sistem Kalibrasi

Sistem kalibrasi berfungsi untuk memastikan siap untuk operasi. Mesin harus dilakukan kalibrasi agar sehingga hasil pengujian yang diinginkan dapat dilaporkan.

Drum / drum

Biasanya, alat ini memiliki dua bagian, yaitu drum dan penutupnya. Penutup tersebut harus dilepas agar dapat dibersihkan. Selain itu, bagian ini juga terbuat dari stainless steel berkualitas tinggi yang memenuhi syarat. Setelah dimuat, tertutup dan siap untuk dijalankan. Di dalam drum, ada sendok melengkung.

Motor Gear DC Senyap

Bagian ini akan membantu drum berputar pada kecepatan tetap 25 rpm atau sesuai dengan cara pengaturannya. Tak hanya itu, motor gear juga dapat mengatr waktu dari rotasi putaran.

Klik Navigator Roda

Digunakan untuk menavigasi menu pada layar LCD.

Jenis-Jenis Alat Friability Tester

Terdapat 3 jenis alat friability tester yang biasa digunakan di laboratorium farmasi, diantaranya ada single drum friability tester, double drum friability tester, dan triple drum friability tester. Seperti apa spesifikasinya? Yuk simak ulasannya di bawah ini.

Single Drum Friability Tester

friability single drum
Jenis Single Drum Friability

Keuntungan dari Penguji Kerapuhan Tablet Drum Tunggal

  1. Komponen ini memiliki LED yang menampilkan pengaturan target dan aktual yang digunakan untuk menjalankan peralatan.
  2. Ini memberi operator alat berat waktu yang cukup untuk mengatur dan menjalankannya.
  3. Setelah diatur, tablet dimasukkan ke dalam drum mesin dan dijalankan.
  4. Selain itu, ia memiliki rumah dari baja tahan karat yang sesuai dengan GPL yang mampu beroperasi tanpa berkarat.
  5. Itu dapat disesuaikan untuk bekerja dalam dua cara, rotasi dan mode waktu.
  6. Setelah pengaturan waktu selesai, jumlah putaran yang diatur juga selesai, dan mesin kemudian berhenti secara otomatis.
  7. Terakhir, sederhana dan mudah diatur dan dioperasikan.
  8. Selama operator memahami teknik pengaturan dan memiliki pengetahuan tentang pengaturan yang disarankan, ia dapat melakukannya.

Double Drum Friability Tester

friability tester
Double Dream Friability Tester

Bagaimana cara kerja penguji kerapuhan drum ganda?

Sebelum kita masukkan tablet ke dalam drum, pastikan sampel yang siap dimuat telah dibersihkan. Ini dilakukan untuk menghilangkan debu yang mungkin menyebabkan penambahan berat tablet yang asing.

  1. Sesuaikan timbangan mulai dari nol berat dan timbang sampel tablet. Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa hasil bobot sudah benar saat kita memulai tes.
  2. Atur jumlah putaran dan waktu tes yang diperlukan.
  3. Masukkan sampel tablet ke dalam drum melalui sistem drum pemuatan depan yang unik atau area pelepasan.
  4. Dalam kebanyakan kasus, sampel yang direkomendasikan untuk tes dapat terdiri dari sekitar 20 tablet. Saat sampel tablet berada di dalam drum, jalankan peralatan.
  5. Setelah selesai, mesin berhenti secara otomatis.
  6. Sampel tablet yang diuji secara otomatis dibuang ke beberapa baki pengumpul individu, dan sampel lain dimuat untuk pengujian baru.
  7. Sekarang, prosedur terakhir adalah memeriksa, menghilangkan debu, menimbang dan menghitung kerapuhan sampel.
  8. Tablet berkualitas akan memiliki kerapuhan yang dapat diterima yang tidak melebihi 1% meskipun Anda dapat memiliki kurang dari itu.

Bagaimana penguji kerapuhan tablet drum ganda dirancang?

Sistem kerja dari penguji ganda tak jauh berbeda. Jenis ini dapat dibuka dari satu sisi untuk membuat sampel tablet setelah pengujian sebelumnya selesai dan dibuang. Hal ini juga dapat dimuat melalui area pembuangan.

Triple Drum Friability Tester

Bagaimana cara kerja penguji kerapuhan triple drum?

Penguji kerapuhan tablet tiga drum beroperasi dengan cara berikut :

  1. Instrumen dikalibrasi sehingga dapat menghasilkan hasil yang diharapkan setelah tes dilakukan. Drum dapat dengan mudah dibuka dan ditutup ketika ada kebutuhan untuk membuat tablet dan pembersihan.
  2. Setelah tablet bersih, tablet ditimbang. Kalibrasi mesin dilakukan untuk memastikan instrumen siap untuk melakukan pengujian.
  3. Mode waktu dan revolusi kemudian diatur.
  4. Setelah itu, sampel tablet kemudian dimasukkan ke dalam drum dan pengujian dijalankan.
  5. Ketika tes selesai, instrumen berhenti secara otomatis.
  6. Sampel yang diuji secara otomatis dibuang ke baki pengumpul.
  7. Printer kemudian mencetak laporan pengujian setelah uji kerapuhan telah dihitung.

Cara Menggunakan Friability Tester

ilustrasi cara menggunakan alat
Cara Menggunakan Friability Tester
  1. Pasang kabel power pada sumber listrik
  2. Buka lingkaran penutup wadah tempat meletakkan tablet yang akan diuji. Bersihkan wadah dengan menggunakan kuas.
  3. Masukkan tablet yang telah ditimbang sesuai jumlah yang ditetapkan
  4. Pasang kembali wadah pengujian dan lingkaran penutup wadah serta kunci hingga terpasang dengan baik.
  5. Tekan tombol POWER di bagian belakang alat.
  6. Pada monitor akan keluar tampilan : Tekan tombol STR untuk menjalankan alat
    Alat akan berputar selama 4 menit (100 putaran) dengan kecepatan 25 rpm, kemudian akan berhenti secara otomatis.
  7. Buka lingkaran penutup wadah, keluarkan tablet yang telah diuji. Bersihkan wadah pengujian dari serbuk yang menempel menggunakan kuas.
  8. Timbang bobot tablet setelah diuji untuk menghitung nilai keregasan (kerenyahan)
    tablet.
  9. Pasang kembali wadah pengujian dan lingkaran penutup wadah.
  10. Tekan tombol POWER di belakang alat untuk mematikan alat
  11. Lepaskan kabel power dari sumber listrik (jika sudah selesai digunakan).

Kerapuhan tablet dinyatakan sebagai massa seluruh partikel yang dilepaskan tablet akibat adanya bahan penguji mekanis. Kerapuhan tersebut dapat memberi gambaran mengenai ketahanan tablet dalam melawan tekanan mekani, terutama guncangan dan pengikis. Uji kerapuhan dilakukan pertama-tama dengan mengambil 20 tablet yang diukur. Dua puluh tablet dibebas debukan dan ditimbang terlebih dahulu untuk mengetahui bobot awal, kemudian dilakukan uji kerapuhan menggunakan alat friability tester dengan rotasi 25 rpm selama 4 menit. Farmakope Indonesia edisi IV memiliki syarat mengenai kerapuhan tablet yang dapat diterima adalah apabila kerapuhan kurang dari 1%.

Contoh Penggunaan Friability Tester 

Oke, selanjutnya penulis akan menjabarkan salah satu contoh penggunaan friability tester di laboratorium farmasi, yakni sebagai alat uji kerapuhan pada tablet vitamin c. Seperti apa? Berikut penjelasannya.

contoh penggunaan alat
Ilustrasi Penggunaan Friability Tester

Selain pemeriksaan fisik, peneliti biasanya melakukan uji friability tester ( kerapuhan ).  Pertama, sediakan 10 tablet untuk masing – masing sampel, ditimbang dan massa direkam. Tablet kemudian dipindahkan ke sayap kiri friabilator. Lalu, masukkan sepuluh tablet lagi, dan masukkan hal yang sama. Tablet-tablet itu lalu dipindahkan ke bagian kanan friabilator.

Proses Pengujian dengan Friability Tester

Pengujian diawali dengan menekan tombol  simbol. Kecepatan rotasi tersebut dapat berputar antara 20 dan 100 rpm sesuai uji yang diinginkan. Selama uji coba, kecepatan rotasi akan ditampilkan pada layar LED yang cerah. Tapi, untuk sampel tablet yang lebih besar, semua ketentuan nya tentu berbeda.

Untuk meningkatkan kemudahan penanganan pada seri TAR, drum kerapuhan tidak harus dilepas dan dibuka untuk membuat dan mengosongkan. Alih – alih drum kerapuhan dapat dengan mudah diisi dan dikosongkan melalui pembukaan khusus. Setelah menyelesaikan uji coba, sampel secara otomatis dihapus ke dalam wadah yang terletak di bawah drum.
Semua proses ini dilakukan agar suplemen yang kita konsumsi sudah dengan dosis tepat sesuai kebutuhan. Juga, agar  Vitamin C tidak terbuang sia-sia dan memberikan fungsi maksimal pada tubuh sesuai dengan yang diharapkan. Selain suplemen makanan, konsumsi buah dan sayuran tentunya tetap dibutuhkan karena akan mendapatkan kadar vitamin dan mineral lain untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Keuntungan Menggunakan Friability Tester

Ada banyak keuntungan yang akan didapat jika menggunakan alat friability tester. Diantaranya, alat ini dapat digunakan untuk menguji kerapuhan tablet yang dilapisi dan intensitas fisika lainnya dengan dua wadah sample, lalu dapat juga digunakan untuk mengukur daya hancur tablet. Yang mnejadi kelebihan dari alat ini juga, friability tester ini emiliki keakurasian pengukuran yang sangat akurat membuat alat ini menjadi pilihan yang sangat tepat bagi Anda untuk segala bentuk pengukuran ataupun pengujian kerapuhan pada tablet.

Faktor Yang Menyebabkan Kerapuhan Tablet

kerapuhan tablet
Faktor Kerapuhan Tablet

Karena kita sedang membahas mengenai alat untuk menguji kerapuhan tablet, tentu saja kita juga akan mengulas mengenai faktor yang menyebabkan kerapuhan tablet. Sebelumnya, apa itu kerapuhan tablet?

Kerapuhan tablet akan mengukur seberapa kuat tablet tersebut bertahan. Kerapuhan diukur dengan friabilator. Bagaimana prinsip kerja alat ini?? Alat ini bekerja dengan prinsip menetapkan jumlah tablet pada saat sedang diuji. Kemudian timbang yang tersisa utuh. Dan berikut beberapa faktor yang mempengaruhi :

  1. Mesin/ pengaturan stasion tidak tepat
  2. Masalah mirip dengan capping, laminating
  3. Retak biasanya pada bagian tengah atas tablet karena pengembangan tablet saat gaya kompresi dilepaskan
  4. Terjadi jika menggunakan deep concave punch

Tapi, untuk mengatasi itu semua, kita dapat mencegahnya dengan melakukan beberapa hal yang bisa diterapkan pada friability tester, diantaranya :

  1. Punch dan die supaya di poles
  2. Untuk ukuran granul yang besar, kurangi partikel granul.
  3. Diganti punch dan die
  4. Tambahkan pengikat kering
  5. Kurangi jumlah fine

Tips Memilih Alat Friability Tester

Sebelum anda membeli alat ini, penulis mau membagikan beberapa tips memilih friability tester yang bisa anda terapkan. Karena, ciri alat friability tester yang baik dan benar adalah sebagai berikut :

tips menggunakan alat
Tips Menggunaka Friability Tester
  1. Drum dengan diameter dalam antara 283 dan 291 mm dan kedalaman antara 36 dan 40 mm. Itu harus dibuat dari polimer sintetis yang memiliki permukaan internal yang dipoles.
  2. Drum harus dilepas dari satu sisi. Di dalam drum itu, harus ada tonjolan yang melengkung yang memiliki radius bagian dalam antara 75,5 dan 85,5 mm. Ini harus memanjang dari tengah drum ke dinding luar. Itu harus terhubung ke sumbu horizontal perangkat yang berputar pada kecepatan 25 1 rpm.
  3. Tablet dengan berat lebih dari 650 mg dimasukkan ke dalam sampel 10, ditaburi dan ditimbang.
  4. Tablet yang terbelah, pecah dan retak dalam sampel menunjukkan bahwa sampel tersebut telah gagal dalam pengujian.
  5. Nilai target selalu 1%. Jika hasil tes kurang dari nilai target, tes harus diulang tiga kali dan rata-rata dihitung.
  6. Jika bentuk atau ukuran tablet menyebabkan Tambling tidak teratur, drum dapat dimiringkan 10º. Seperti yang anda lihat, ada prosedur yang jelas tentang cara menilai kualitas tablet.

Cara Merawat Friability Tester

Dalam menggunakan alat laboratorium, tentu kita harus melakukan perawatan terhadap alat-alat yang digunakan. Tak terkecuali pada alat friability tester. Apa saja sih cara merawat dan membersihkan alat friability tester yang dapat dilakukan? Berikut penjelasannya.

  1. Anda bisa mengganti ataupun membersihkan punch.
  2. Lakukan memperbaiki mesin tablet.
  3. Menambah pengikat atau pembasah.
  4. Mengurangi atau menghilangkan fine.
  5. Reformulasi suatu formulasi.
  6. Ganti ukuran granul menjadi yang lebih kecil.

Kalibrasi Alat Friability Tester

Selama menggunakan alat, kita perlu melakukan kalibrasi secara berkala. Apa itu kalibrasi ?

Kalibrasi adalah proses verifikasi agar alat yang digunakan sangat akurat. Kalibrasi ini dilakukan bertujuan agar setiap alat yang digunakan di laboratorium sesuai dengan standar nasional ataupun internasional. Tujuan kalibrasi adalah untuk mencapai ketertelusuran pengukuran.

Kalibrasi pada friability tester ini bertujuan untuk menghilangkan atau bahkan meminimalkan faktor-faktor yang dapat menyebabkan ketidakakuratan dalam pengukuran. Biasanya, ini adalah proses utama pemeliharaan instrumen.

Kalibrasi Penguji Kerapuhan Tablet

Kalibrasi penguji kerapuhan tablet melibatkan dua sub-proses yang dibahas di bawah ini :

  1. Jumlah rotasi dalam kalibrasi 1, 2 dan 4 menit
    Untuk mengkalibrasi instrumen dalam putaran 1, 2 atau 4 menit, pada tombol fungsi, atur mode waktu.
  2. Jika anda ingin menjalankannya selama 1 menit, pilih mode 1 menit.
  3. Anda kemudian dapat memulai instrumen dan melihat angka putaran dalam satu menit.
  4. Ulangi proses yang sama selama 2 dan 4 menit dan setelah itu, catat hasilnya.
  5. Ketiga tes ini harus dilakukan tiga kali untuk memastikan keandalan dan akurasi.

Jumlah Rotasi Putaran

Berikut adalah penjelasan mengenai contoh jumlah putaran :

  1. Pada 1 menit pertama, jumlah putaran yang dilakukan adalah antara 24 hingga 26 putaran.
  2. Di menit ke 2, jumlah putaran berkisar antara 48 hingga 52 putaran.
  3. Pada menit ke 4, jumlah putaran berkisar antara 96 ​​hingga 104 putaran.
  4. Kalibrasi untuk 25, 50 dan 100 rotasi untuk waktu.
  5. Di sini, anda mengkalibrasi peralatan untuk memutar 25, 50 dan 100 rotasi dan memilih mode hitungan.

Anda kemudian dapat memulai peralatan dan menggunakan stopwatch untuk berhenti pada 25, 50 dan 100 putaran. Dan setelah menyelesaikan setiap tiga kalibrasi, anda bisa mencatat semua hasilnya.

Waktu

Berikut adalah penjelasan mengenai contoh jumlah putaran hingga 100 :

  1. Dapat diterima untuk memiliki 25 rotasi dalam durasi waktu antara 0: 57 00 hingga 1:03 00 menit
  2. Untuk 50 putaran, durasi waktunya bisa antara 1:54 00 hingga 2:06 00 menit
  3. Untuk 100 putaran, durasinya bisa berkisar antara 3: 48 00 hingga 4:1 00 menit.

Kisaran Harga Friability Tester

Berapa kisaran harga alat friability tester ini?

Di tahun 2021 ini, harga alat friability tester berada di kisaran harga 11 jutaan hingga 28 jutaan.

FAQ Seputar Friability Tester

1- Apa Yang Dimaksud dengan Friability Tester ?

Friability tester adalah alat yang digunakan untuk mengetahui tingkat kerpauhan atau lamanya waktu kerapuhan pada suatu tablet. Sebelum tablet diuji dengan alat, tablet yang akan diberikan kepada pasien, harus ditimbang dahulu kemudian dimasukkan pada drum. Lalu, anda bisa atur kecepatan drum nya.

2- Apa Fungsi Friability Tester Secara Umum ?

Kita ke poin selanjutnya yuk. Friability tester adalah alat dari instrumen farmasi yang digunakan untuk menentukan keregasan, kerapuhan dan kepadatan suatu tablet. Sebelum dipasarkan, harus memenuhi standar kualitas tablet yaitu kerapuhan tablet tidak boleh melebihi dari 1%. Untuk melakukan pengujian keregasan tablet ini dilakukan dengan sebagai berikut :

  1. Pertama, tablet sekitar 650 mg ditimbang dengan jumlah 6,5 gram atau tablet dengan bobot > 650 mg. Kemudian diambil sampel sebanyak 10 unit.
  2. Lalu, tablet dimasukkan ke dalam alat, kemudian alat diputar, dan timbang kembali berat tablet yang
    telah diputar.
  3. Perlu diingat, berat tablet tidak boleh lebih dari 1% saat sebelum dan sesudah diputar.

3- Bagaimana Fungsi Friability Tester di Laboratorium Farmasi ?

Alat friability tester adalah alat yang digunakan untuk menguji keregasan pada obat tablet. Alat ini sangat memiliki peran yang krusial di bidang farmasi, apalagi pada industri obat. Pada pengujian kelayakan obat, ada tiga hal yang mempengaruhi proses pengujian yaitu kecepatan putaran, waktu pengujian dan timbangan. Proses ini mengharuskan pengguna untuk selalu menimbang obat dan mengatur kecepatan yang telah disesuaikan waktunya, yang kemudian ditampilkan pada layar LCD. Setelah diatur maka tekan tombol start, lalu mikrokontroler akan mengirimkan sinyal kerangkaian motor untuk bekerja dan memulai memutar drum yang berisikan obat tablet sesuai dengan kecepatan dan waktu yang telah diatur.

4- Bagaimana Prinsip Kerja Friability Tester ?

Prinsip dasar dari alat ini, yakni digunakan untuk mengetahui keregasan atau kerapuhan suatu obat, khususnya tablet. Yaitu dengan cara mengatur kecepatan dari alat tersebut. Friabilitas diukur dengan fribilator. Prinsip kerja dari alat ini adalah dengan menghitung bobot yang hilang pada saat dilakukan pengujian. Kemudian alat tersebut diatur kecepatan dan waktunya.

5- Apa Saja Bagian-Bagian Friability Tester ?

Sistem Kalibrasi

Sebelum digunakan, mesin harus dilakukan kalibrasi agar didapat hasil yang diinginkan.

Drum / drum

Biasanya, alat ini memiliki dua bagian, yaitu drum dan penutupnya. Penutup tersebut harus dilepas agar dapat dibersihkan. Selain itu, dibuat dengan stainless steel berkualitas tinggi yang memenuhi persyaratan GLP. Setelah dimuat, tertutup dan siap untuk dijalankan. Di dalam drum, ada sendok melengkung.

Motor Gear DC Senyap

Bagian ini akan membantu drum berputar pada kecepatan tetap 25 rpm atau sesuai dengan cara pengaturannya. Tak hanya itu, motor gear juga dapat mengatr waktu dari rotasi putaran.

Klik Navigator Roda

Digunakan untuk menavigasi menu pada layar LCD.

6- Bagaimana Cara Menggunakan Friability Tester Yang Baik dan Benar?

Cara menggunakan friability tester adalah sebagai berikut :

  1. Pasang kabel power pada sumber listrik
  2. Buka lingkaran penutup wadah tempat meletakkan tablet yang akan diuji. Bersihkan wadah dengan menggunakan kuas.
  3. Masukkan tablet yang telah ditimbang sesuai jumlah yang ditetapkan
  4. Pasang kembali wadah pengujian dan lingkaran penutup wadah serta kunci hingga terpasang dengan baik.
  5. Tekan tombol POWER di bagian belakang alat.
  6. Pada monitor akan keluar tampilan : Tekan tombol STR untuk menjalankan alat
    Alat akan berputar selama 4 menit (100 putaran) dengan kecepatan 25 rpm, kemudian akan berhenti secara otomatis.
  7. Buka lingkaran penutup wadah, keluarkan tablet yang telah diuji. Bersihkan wadah pengujian dari serbuk yang menempel menggunakan kuas.
  8. Timbang bobot tablet setelah diuji untuk menghitung nilai keregasan (kerenyahan)
    tablet.
  9. Pasang kembali wadah pengujian dan lingkaran penutup wadah.
  10. Tekan tombol POWER di belakang alat untuk mematikan alat
  11. Lepaskan kabel power dari sumber listrik (jika sudah selesai digunakan).

7- Bagaimana Cara Merawat Friability Tester ?

Apa saja sih cara merawat dan membersihkan alat friability tester yang dapat dilakukan? Berikut penjelasannya.

  1. Anda bisa mengganti ataupun membersihkan punch.
  2. Lakukan memperbaiki mesin tablet.
  3. Menambah pengikat atau pembasah.
  4. Mengurangi atau menghilangkan fine.
  5. Reformulasi suatu formulasi.
  6. Ganti ukuran granul menjadi yang lebih kecil.

8- Bagaimana Kalibrasi Alat Friability Tester Yang Baik dan Benar ?

Kalibrasi pada friability tester ini bertujuan untuk menghilangkan atau bahkan meminimalkan faktor-faktor yang dapat menyebabkan ketidakakuratan dalam pengukuran. Biasanya, ini adalah proses utama pemeliharaan instrumen.

Kalibrasi Penguji Kerapuhan Tablet

Kalibrasi penguji kerapuhan tablet melibatkan dua sub-proses yang dibahas di bawah ini :

  1. Jumlah rotasi dalam kalibrasi 1, 2 dan 4 menit
    Untuk mengkalibrasi instrumen dalam putaran 1, 2 atau 4 menit, pada tombol fungsi, atur mode waktu.
  2. Jika anda ingin menjalankannya selama 1 menit, pilih mode 1 menit.
  3. Anda kemudian dapat memulai instrumen dan melihat angka putaran dalam satu menit.
  4. Ulangi proses yang sama selama 2 dan 4 menit dan setelah itu, catat hasilnya.
  5. Ketiga tes ini harus dilakukan tiga kali untuk memastikan keandalan dan akurasi.

Jumlah Rotasi Putaran

Berikut adalah penjelasan mengenai contoh jumlah putaran :

  1. Pada 1 menit pertama, jumlah putaran yang dilakukan adalah antara 24 hingga 26 putaran.
  2. Di menit ke 2, jumlah putaran berkisar antara 48 hingga 52 putaran.
  3. Pada menit ke 4, jumlah putaran berkisar antara 96 ​​hingga 104 putaran.
  4. Kalibrasi untuk 25, 50 dan 100 rotasi untuk waktu
  5. Di sini, Anda mengkalibrasi peralatan untuk memutar 25, 50 dan 100 rotasi dan memilih mode hitungan.

Anda kemudian dapat memulai peralatan dan menggunakan stopwatch untuk berhenti pada 25, 50 dan 100 putaran. Dan setelah menyelesaikan setiap tiga kalibrasi, anda bisa mencatat semua hasilnya.

Waktu

Berikut adalah penjelasan mengenai contoh jumlah putaran  hingga 100 :

  1. Dapat diterima untuk memiliki 25 rotasi dalam durasi waktu antara 0: 57 00 hingga 1:03 00 menit
  2. Untuk 50 putaran, durasi waktunya bisa antara 1:54 00 hingga 2:06 00 menit
  3. Untuk 100 putaran, durasinya bisa berkisar antara 3: 48 00 hingga 4:1 00 menit.

9- Apa Keuntungan Menggunakan Alat Friability Tester ?

Ada banyak keuntungan yang akan didapat jika menggunakan alat friability tester. Diantaranya, alat ini dapat digunakan untuk menguji kerapuhan tablet yang dilapisi dan intensitas fisika lainnya dengan dua wadah sample, lalu dapat juga digunakan untuk mengukur daya hancur tablet. Kelebihan dari alat  ini ialah, memiliki akurasi yang tinggi pada pengukuran, sehingga alat friability pun menjadi pilihan.

10- Apa Saja Tips Menggunakan Friability Tester ?

Beberapa tips yang bisa anda terapkan diantaranya :

  1. Drum dengan diameter dalam antara 283 dan 291 mm dan kedalaman antara 36 dan 40 mm. Itu harus dibuat dari polimer sintetis yang memiliki permukaan internal yang dipoles.
  2. Drum harus dilepas dari satu sisi. Di dalam drum itu, harus ada tonjolan yang melengkung yang memiliki radius bagian dalam antara 75,5 dan 85,5 mm. Ini harus memanjang dari tengah drum ke dinding luar. Itu harus terhubung ke sumbu horizontal perangkat yang berputar pada kecepatan 25 1 rpm.
  3. Tablet dengan berat lebih dari 650 mg dimasukkan ke dalam sampel 10, ditaburi dan ditimbang.
  4. Tablet yang terbelah, pecah dan retak dalam sampel menunjukkan bahwa sampel tersebut telah gagal dalam pengujian.
  5. Nilai target selalu 1%. Jika hasil tes kurang dari nilai target, tes harus diulang tiga kali dan rata-rata dihitung.
  6. Jika bentuk atau ukuran tablet menyebabkan Tambling tidak teratur, drum dapat dimiringkan 10º. Seperti yang anda lihat, ada prosedur yang jelas tentang cara menilai kualitas tablet.

11- Bagaimana Cara Merawat Friability Tester ?

Apa saja sih cara merawat dan membersihkan alat friability tester yang dapat dilakukan? Berikut penjelasannya.

  1. Anda bisa mengganti ataupun membersihkan punch.
  2. Lakukan memperbaiki mesin tablet.
  3. Menambah pengikat atau pembasah.
  4. Mengurangi atau menghilangkan fine.
  5. Reformulasi suatu formulasi.
  6. Ganti ukuran granul menjadi yang lebih kecil.

12- Berapa Kisaran Harga Alat Friability Tester ?

Berapa kisaran harga alat friability tester ini?

Di tahun 2021 ini, harga alat friability tester berada di kisaran harga 11 jutaan hingga 28 jutaan.

Ditulis Oleh : DNA

Sumber dan Referensi : Saintytec

Sebagai informasi tambahan, PT. Andaru Analitika Sains adalah konsultan alat laboratorium yang menyediakan solusi lengkap kebutuhan alat laboratorium. Bagi anda yang membutuhkan alat laboratorium bisa mengunjungi alamat googlemaps, menghubungi kami via whatsapp 087777277740 atau telepon 0251-7504679. Link brand dan produk alat laboratorium tersedia pada tautan : List Brand Alat Laboratoriumjual-alat-laboratorium-kontak-whatsapp-apm

Sampai sini dulu artikel mengenai alat friability tester yang berisi tentang pengertian friability tester, fungsi friability tester, prinsip kerja friability tester, bagian-bagian alat friability tester, cara menggunakan friability tester, tips menggunakan friability tester, cara merawat friability tester, kalibrasi alat friability tester, kisaran harga friability tester, tempat jual friability tester hingga FAQ seputar friability tester. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda yang sedang mencari informasi seputar alat friability tester ya. Semangat terus sobat, jangan lupa ikuti artikel selanjutnya. Stay healthy guys!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *