Penggunaan Autoclave Untuk Sterilisasi Media Kultur Jaringan

Sterilisasi Media Kultur Jaringan – Halo para pembaca artikel alat laboratorium, bagaimana kabarnya ? Semoga anda semua sehat selalu ya. Di artikel kali ini, penulis akan membahas seputar sterilisasi. Sterilisasi sangat identik dengan kebersihan suatu alat laboratorium. Alat apa sih yang digunakan? Apakah autoclave? Yuk langsung saja simak ulasannya berikut ini.

Apa Yang Dimaksud dengan Kultur Jaringan ?

ilustrasi kultur jaringan
Apa Itu Kultur Jaringan ?

Kultur jaringan merupakan jenis perkembangbiakan buatan tanaman vegetatif yang digunakan untuk menghasilkan perbanyakan tanaman. Metode ini biasa digunakan pada bidang biologi dan bioteknologi. Keuntungan dari metode ini adalah dapat menghasilkan tanaman langka yang sulit tumbuh, dapat mengendalikan kualitas, dan ,menghasilkan tanaman dengan lebih cepat.

Sebelum lanjut ke pembahasan, PT Andaru Analitika Sains sebagai salah satu distributor alat laboratorium juga menjual alat autoclave tersebut, yang bisa digunakan untuk berbagai macam penelitian , baik di kampus maupun di laboratorium. Seperti penelitian kimia, farmasi dan biologi. Untuk informasi lebih lanjut anda bisa hubungi WhatsApp : +62-8777-7277-740 atau Tel : (0251) 7504679. Link alamat penulis sertakan di googlemaps.

Metode ini biasanya dilakukan dengan cara menanam benih tanaman pada suatu media di dalam gelas kaca yang telah disesuaikan. Sebelum melakukan kultur jaringan dibutuhkan toples jar kaca yang sudah steril. Dan untuk melakukan sterilisisasi tersebut, tentu saja membutuhkan alat autoclave. Bagaimana cara penggunanya? Berikut tahapannya.

Sterilisasi Media Kultur Jaringan

sterilisasi media kultur
Ilustrasi Penggunaan Autoclave

Tahap Persiapan

  1. Pertama, sebelum pemanasan, tentu masukkan kabel ke stop kontak.
  2. Kedua, putar tombol kontrol tekanan yang diinginkan.
  3. Ketiga, putar pengatur waktu ke waktu nyata, tambahkan 10 menit searah jarum jam.
  4. Keempat, nah pada waktu ini termostat pada autoclave berfungsi. Ketika waktu mencapai waktu yang ditentukan, daya pemanas akan terputus dan mulai melakukan pemanasan.

Tahap Sterilisasi 

  1. Masukkan toples jar kaca yang hendak digunakan ke dalam satu kantong plastik, atau bungkus dengan kertas.
  2. Masukkan air terlebih dahulu ke dalam autoclave, dan tunggu beberapa saat.
  3. Secara perlahan, masukkan kantong tersebut ke dalam autoclave.
  4. Tutup autoclave dan putar tombol on nya.
  5. Biasanya pemanasan ini berlangsung selama sekitar 15 sampai 30 menit.
  6. Jika sudah, buka bagian atas secara perlahan. Kemudian ambil dengan menggunakan lap agar tidak panas.
  7. Tutup kembali autoclave.

Itu dia contoh sederhana dari penggunaan autoclave pada media kultur jaringan. Jika diantara anda ada yang pernah menggunakan, boleh bagikan pengalamannya di kolom komentar ya.

Ditulis Oleh : DNA

Referensi : Britannica

Sampai disini dulu artikel seputar  Penggunaan Autoclave Untuk Sterilisasi Media Kultur Jaringan . Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk and ya. Jangan lupa untuk kunjungi artikel-artikel lainnya di blog ini. Stay healthy guys!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *