Mortir dan Stamper – Mengenal Mortir dan Stamper di Bidang Farmasi

Mortir dan Stamper – Halo, sobat pembaca artikel alat laboratorium.. bagaimana kabarnya? Admin doakan semoga sehat selalu, ya. Pada artikel kali ini, penulis akan membahas mengenai alat mortir dan stamper yang biasa digunakan dalam bidang farmasi. Bagaimana penggunaan dari alat mortir dan stamper tersebut? Untuk lebih jelasnya, yuk simak artikel berikut.

Sebelum lanjut ke pembahasan, penulis ingin memberikan informasi jika anda membutuhkan alat laboratorium seperti mikropipet, mikroskop, melting point, rotary evaporator, refractometer, rotarod dan masih banyak lagi anda bisa dapatkan di salah satu distributor alat laboratorium seperti PT Andaru Analitika Sains . Untuk informasi lebih lanjut anda bisa hubungi WhatsApp : +62-8777-7277-740 atau Tel : (0251) 7504679. Link alamat penulis sertakan di googlemaps.

Beberapa dari anda mungkin ada yang pernah menggunakan alat mortir dan stamper? Atau mahasiswa farmasi yang sering menggunakan alat mortir dan stamper. Pada artikel kali ini, pembahasan yang akan di ulas yaitu pengertian mortir dan stamper, fungsi dari mortir dan stamper, dan juga cara menggunakan mortir dan stamper.

ilustrasi gambar mengenal mortir dan stamper

Pengertian Mortir dan Stamper

Mortir (mortar) dan stamper atau biasa disebut sebagai lumpang dan alu adalah alat laboratorium yang umumnya digunakan untuk menghaluskan bahan pada proses pembuatan atau peracikan sediaan obat. Umumnya, mortar dan stamper berbahan dasar keramik porselen dan berwarna putih. Namun, ada juga beberapa laboratorium yang memiliki mortar dan stamper berbahan dasar batu dan kayu biasanya digunakan untuk peracikan obat tradisional yang berbahan dasar dari alam seperti simplisia pada pembuatan obat tradisional.

Tapi, kebanyakan laboratorium menggunakan mortir dan stamper yang berbahan dasar keramik porselen berwarna putih. Alat mortar dan stamper memiliki ukuran yang bervariasi yaitu 8 cm, 10 cm, 13 cm, dan 16 cm. ukuran tersebut digunakan berdasarkan jumlah bahan yang akan dihaluskan.

Fungsi Mortir dan Stamper

Sesuai dengan pembahasan diatas, alat mortir dan stamper digunakan untuk menghaluskan bahan pada proses peracikan sediaan obat. Bahan obat yang dihaluskan akan tercampur atau homogen ketika digerus bersamaan dengan bahan obat lainnya. Alat mortar dan stamper umunya digunakan untuk menggerus atau menghaluskan berbagai macam bentuk sediaan seperti puyer, salep, pasta, bedak dan lain lain. Walaupun ada beberapa alat yang lebih canggih untuk menghaluskan dan mencampurkan sediaan seperti blender, namun mortar dan stamper juga banyak  dan menjadi alat paling umum yang digunakan pada beberapa tempat seperti laboratorium farmasi, rumah sakit, apotek, dan tempat penunjang kesehatan lainnya yang memiliki instalasi farmasi.

Bagaimana cara menggunakannya ?

ilustrasi gambar cara menggunakan mortir dan stamper

Sebenarnya, penggunaan alat mortar dan stamper ini tergolong cukup mudah. Namun, anda juga harus tau bagaimana teknik menggerus atau menghaluskan bahan obat menggunakan alat ini. Berikut langkah langkah menggunakan alat mortir dan stamper.

  1. Siapkan bahan obat yang akan dihaluskan.
  2. Masukkan bahan obat ke dalam mortar. (gunakan mortar dan stamper dengan ukuran yang sesuai dengan jumlah bahan).
  3. Gerus atau haluskan bahan obat dari jumlah yang kecil menggunakan stamper.
  4. Teknik menggerus atau menghaluskan bahan obat dilakukan dengan memutarkan stamper ke lawan arah jarum jam. Jika teknik ini dilakukan searah dengan jarum jam, maka akan membuat bahan obat masuk kedalam pori pori mortar dan membuat massa pada bahan obat menjadi berkurang.
  5. Setelah bahan pertama halus, tambahkan lagi bahan kedua lalu gerus sampai halus dan homogen.
  6. Bahan yang sudah dihaluskan, di keluarkan dari mortar menggunakan sudip.
  7. Setelah selesai, bersihkan mortir dan stamper menggunakan tissue atau dicuci menggunakan sabun agar bersih ketika ingin digunakan lagi.

Penulis : FR

Oke, sampai disini dulu pembahasan tentang Mortir dan Stamper – Mengenal Mortir dan Stamper di Bidang Farmasi . Jika anda pernah menggunakan alat mortir dan stemper di laboratorium atau memiliki pengetahuan lain tentang alat mortir dan stamper ini, boleh bagikan pengalamannya di kolom komentar ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *