Isolated Organ Bath – Pengertian dan Fungsi Isolated Organ Bath

Isolated Organ Bath – Isolated Organ Bath adalah suatu alat yang digunakan untuk mempelajari efek obat atau zat kimia pada jaringan terisolasi secara in vitro. Pada artikel ini, penulis akan membahas secara luas mengenai pengertian isolated organ bath, fungsi isolated organ bath, cara menggunakan isolated organ bath, cara merawat isolated organ bath dan hal lainnya yang berhubungan dengan isolated organ bath. Untuk lebih jelasnya, yuk simak artikel berikut.

PT. Andaru Analitika Sains adalah konsultan alat laboratorium yang memiliki produk isolated organ bath ideal untuk laboratorium anda. Bagi anda yang membutuhkan alat isolated organ bath bisa menghubungi kami via whatsapp 087777277740 atau telepon 0251-7504679. Link produk isolated organ bath tersedia pada tautan : Isolated Organ Bath Ugobasilejual-alat-laboratorium-kontak-whatsapp-apm

Jika diantara anda ada yang sudah pernah menggunakan alat isolated organ bath dan memiliki pengetahuan lain tentang alat isolated organ bath ini, silahkan isi di kolom komentar ya.

ilustrasi gambar mengenal alat isolated organ bath

Pengertian Isolated Organ Bath

ilustrasi gambar alat isolated organ bath

Isolated Organ Bath disebut dengan “ruang organ”, “rendaman organ” atau “rendaman jaringan yang terisolasi” adalah alat atau tempat yang digunakan untuk jaringan ketika diberikan obat obatan atau dirangsang secara elektrik untuk mengukur fungsi dari obatnya. Secara umum, isolated organ bath dapat diartikan suatu alat yang digunakan untuk mempelajari efek obat atau zat kimia pada jaringan terisolasi secara in vitro.

Jaringan yang sudah masuk ke dalam alat isolated organ bath akan teroksigenasi dengan karbogen dan kemudian disimpan dalam larutan tyrode atau larutan ringer laktat. Saat pengujian dengan alat ini, anda bisa menggunakan obat dari berbagai macam golongan seperti antihipertensi, antipiretik, dan lain lain.

Penelitian yang dilakukan menggunakan alat ini akan melibatkan efek rangsangan listrik atau obat obatan pada organ terisolasi berupa jaringan seperti: rahim, trakea, strip pembuluh darah, daun telinga, dapat dilakukan dalam kondisi optimal. Perlu diketahui, pengujian menggunakan alat ini menerapkan metode “tissue organ bath”.

Metode Tissue Organ Bath

Tissue organ bath merupakan salah satu metode yang digunakan sebagai proses skrining farmakologi yang klasik untuk mengamati hubungan konsentrasi serta respons terhadap jaringan kontraktil. Meskipun berbagai alat molekuler telah tersedia dalam beberapa dekade terakhir untuk menilai respons seluler dalam jumlah throughput tinggi, metode tissue organ bath masih dianggap sebagai metode yang berharga untuk optimasi timbal dan untuk mengamati mekanisme aksi responsif jaringan. Selain itu, tissue organ bath juga banyak digunakan dalam studi keamanan praklinis.​

Pengujian yang paling umum dari metode tissue organ bath adalah dalam penelitian kardiovaskular, menggunakan cincin aorta terisolasi, jaringan jantung (otot papiler, ventrikel kiri) atau arteri. Untuk mempelajari efek gastro-intestinal, preparat ileum dan kolon sering digunakan, tetapi juga otot antral lambung dan sfingter dapat dipelajari.

Kelebihan Metode Tissue Organ Bath

Tissue organ bath memiliki beberapa kelebihan, sehingga para penguji sering menggunakan metode ini dalam pengamatan jaringan. Berikut beberapa kelebihan tissue organ bath:

  • Preparat in vitro ini juga lebih mudah di instrumentasi.
  • Sangat mudah mengalami perubahan terkontrol dalam perpusat dan adanya ketersediaan oksigen.
  • Lebih simple karena tidak perlu memberikan obat kepada hewan hidup.
  • Kurva efek konsentrasi yang dapat di reproduksi dengan menggunakan agen kontraktil atau relaksan.

Pengertian Jaringan

Jaringan merupakan suatu kumpulan atau kelompok yang berada diantara sel dan organ. Jaringan hanya dimiliki oleh organisme tertentu saja dengan masing masing tugas dan peran yang berbeda. Sesuai dengan artikel kali ini yang membahas tentang alat isolated organ bath untuk pengamatan jaringan hewan, maka penulis akan mengulas secara singkat tentang beberapa jaringan yang terdapat pada hewan.

Jaringan Hewan

Ilustrasi gambar jaringan hewan

Secara umum ada beberapa jaringan yang terdapat pada hewan yaitu jaringan ikat, jaringan epitel, jaringan saraf dan jaringan otot. Namun, beberapa jaringan pasti memiliki peran yang berbeda beda terhadap jenis organismenya. Berikut ini macam macam jaringan pada hewan, yaitu:

Epitel

ilustrasi gambar jaringan epitel

Epitel terbentuk dari lapisan endoderm, eksoterm dan mesoderm. Ketiga lapisan tersebut akan membentuk endothelium yang memiliki epitel khusus dalam menyusun pembuluh darah. Namun, ada juga yang disebut epitel sejati, dimana hanya terdapat pada satu lapisan saja yang terbentuk dari sambungan ketat sehingga berperan sebagai penghalang yang dapat ditembus.

Jaringan epitel menutupi semua permukaan yang ada di dalam organisme hewan dan berikatan langsung dengan permukaan luar seperti kulit, saluran pencernaan dan saluran pernafasan. Fungsi dari jaringan epitel adalah sebagai pelindung yang digunakan dengan proses sekresi dan absorpsi.

Ikat

ilustrasi gambar jaringan ikat

Jaringan ikat dikenal sebagai “jaringan fibrosa” yang terbentuk dari sel sel yang sudah terpisah dari sel mati yang disebut matriks ekstraselluler. Matriks ekstrakseluler bisa berwujud cair maupun beku. Jenis jaringan ini berfungsi untuk membentuk suatu organ kemudian mengikat atau menahannya. Beberapa contoh jaringan ikat di dalam tubuh hewan seperti tendon, adipose, ligament dan jaringan areolar.

Jaringan Otot

Jenis jaringan otot merupakan sistem jaringan yang berperan penting dalam sistem pergerakkan tubuh. Secara umum, jaringan otot terdiri dari otot polos yang berada pada bagian organ dalam, otot lurik yang berada pada kerangka tubuh serta otot jantung yang berada di organ jantung.

Jaringan Saraf

ilustrasi gambar jaringan saraf

Sesuai dengan namanya, jaringan ini terbentuk dari sel sel saraf (neuron) yang ada di dalam tubuh. Jaringan saraf akan bekerja dengan menerima rangsangan dari dalam dan luar tubuh . selanjutkan reaksi yang dihasilkan akan ditransfer dari otak menuju organ tubuh lainnya.

Jenis jaringan saraf ini terdiri dari beberapa jenis yaitu serabut saraf panjang yang lebih dikenal “akson” atau “neurit” bertugas mengantarkan rangsangan dari badan sel ke saraf tertentu lainnya, serabut saraf pendek yang lebih dikenal sebagai “neurit” dan dendrit yang menghasilkan rangsangan dari sel saraf neurit ke sel saraf lainnya.

Fungsi Isolated Organ Bath

Alat ini biasa digunakan untuk perekaman akurat kontraksi atau pelepasan jaringan isometrik atau isotonik. Selain itu, bekerja dalam mengamati efek obat pada reseptor dalam penemuan obat dan kimia kombinatorial, teknik baru seperti penyaringan throughput tinggi, penyaringan throughput ultrahigh dan penyaringan konten tinggi, farmakogenomik, proteomik, dan teknologi susunan lainnya.

Teknik teknik yang menggunakan alat isolated organ bath ini dapat memungkinkan lebih banyak spesifisitas reseptor, karena sampel jaringan tunggal dapat mengekspresikan banyak jenis reseptor yang berbeda. Pada alat isolated organ bath juga terdapat sistem turn-key 1, 2, 4 saluran (4000, 4050, 4400).

Peran Isolated Organ Bath dalam Bidang Farmakologi

isolated organ bath sudah digunakan sejak tahun 1960 dalam penelitian dan pembelajaran bidang farmakologi.  Perlu diketahui, alat laboratorium ini selalu digunakan pada bidang farmakologi, terutama dalam mempelajari kontraksi otot polos yang ada di dalam jaringan seperti ileum, trakea, kolon, kandung kemih, vas deferens, pembuluh darah atau cincin aorta, dan corpus cavernosum. Brikut merupakan ilustrasi alat isolated organ bath dalam bidang farmakologi.

ilustrasi gambar peran isolated organ bath

Suatu kontraksi yang dihasilkan dari jaringan otot akan diukur menggunakan miograf. Perlu diketahui, kontraksi yang terjadi pada jaringan otot lebih mudah diamati dan diukur dibandingkan dengan jaringan yang lain. Kontraksi jaringan otot polos dapat dengan mudah diukur dengan miograf.

Awalnya, penelitian jenis ini dikembangkan untuk mempelarai atau mengamati efek antagonis dan agonis dari suatu jaringan yang dirangsang seperti jaringan saraf dan otot yang sudah beradaptasi dengan jaringan yang lain seperti jaringan epitel.

Jaringan khas dan reseptor dipelajari dengan persiapan mandi organ termasuk reseptor nikotinat, muskarinik, dan histamin di ileum atau adrenoseptor beta yang berada di dalam kandung kemih. Jaringan biasanya diambil dari hewan pengerat, seperti marmut dan mencit.

Prinsip Isolated Organ Bath

Pada penelitian farmakologi, alat ini Penelitian yang melibatkan efek rangsangan listrik atau obat-obatan pada otot polos yang terisolasi, rahim, trakea, strip pembuluh darah, daun telinga, dan lain lain. dapat dilakukan dalam kondisi optimal.

Saat pengamatan mulai dilakukan, menggunakan larutan pencuci atau larutan uji yang memasuki ruang setelah melewati kumparan penyeimbang suhu dan katup jarum suntik. Jaringan di dalam ruangan dicuci dengan menyiram ruangan melalui pipa pembuangan yang meluap, untuk menghindari jaringan terkena udara. Pengadukan air dilakukan dengan pancaran air yang dikirim oleh pompa sentrifugal.

Setelah itu, energi panas yang dihasilkan oleh elemen pemanas berbahan dasar baja tahan karat 200 Watt dipasang di lantai tangki Perspex. Termostat “proporsional” solid state yang presisi mempertahankan suhu dalam batas yang sangat baik yaitu +/- 0,1°C pada semua model.

Jenis Jenis Isolated Organ Bath

Berbagai macam alat laboratorium sebagian besar memiliki beberapa jenis yang berbeda spesifikasinya. Seperti isolated organ bath memiliki jenis berdasarkan jumlah chamber bathnya. Berikut ini jenis jenis isolated organ bath yang biasa digunakan dalam laboratorium, yaitu:

One Chamber Organ Bath

Pada proses kerjanya, larutan pencuci atau larutan uji akan memasuki ruang alat setelah melewati suhu penyeimbang dan katup jarum suntik. Jaringan di cuci dengan membilas ruangan melalui outlet yang meluap untuk menghindari paparan udara.

ilustrasi gambar one chamber organ bath

Pengadukan air dalam tangki dilakukan dengan pancaran air yang dikirim oleh pompa sentrifugal yang terletak di kotak kontrol yang terpasang pada tangki. Elemen pemanas stainless steel 250 W dipasang di lantai tangki Perspex. Suhu yang digunakan dipertahankan dengan keseragaman +/- 1%. Kemudian cairan yang tidak terpakai akan mengalir ke chamber drain atau keran pembuangan disediakan di bagian depan bak mandi.

Jenis alat ini memiliki chamber atau bak air tunggal dengan bahan Perspex bening yang ukurannya 19 x 19 x 17 cm, terdapat beberapa komponen didalamnya seperti:

  • Ruangan penyeimbang suhu
  • Satu batang penopang yang dapat diatur dengan transduser
  • Terdapat pengatur posisi lead – screw pada main unit.

Dual Chamber Organ Bath

ilustrasi gambar dual chamber organ bath

Bentuknya hampir sama dengan one chamber organ bath, tetapi pada dual chamber bath terdapat dua chamber atau bak yang berukuran 34 x 19 x 17 cm. Di dalam alat ini juga terdapat beberapa komponen seperti:

  • Dua kumparan penyeimbang suhu
  • Terdapat dua batang penopang yang dapat diatur dengan transduser
  • Terdapat dua pengatur posisi lead – screw

Four Chamber Organ Bath

ilustrasi gambar four chamber organ wath

Sesuai dengan namanya, four chamber organ bath memiliki 4 wadah atau bak air yang memiliki ukuran 47 x 29 x 22 cm. Pada alat ini juga terdapat beberapa komponen, yaitu:

  • Terdapat empat kumparan penyeimbang suhu
  • Ada empat batang penopang yang diatur dengan transduser
  • Empat pengatur posisi lead screw

Bagian Bagian Dari Alat Isolated Organ Bath

ilustrasi gambar bagian organ bath

Alat isolated organ bath memiliki beberapa bagian yang menjadi komponen penting dalam menjalankan proses kerjanya. Berikut beberapa bagian alat isolated organ bath berserta penjelasannya, yaitu:

Temperature Equalizing Coil

ilustrasi gambar temperature equalizing coil

Temparture equalizing coil pada alat isolated organ bath berbentuk spiral yang dilapisi dengan bahan menyerupai kaca yang trasnparan. Di dalam temperature equalizing coil juga terdapat selang kecil yang berguna sebagai tempat aliran dari uap gas yang sudah tidak terpakai.

Chamber Drain

ilustrasi gambar chamber drain isolated organ bath

Bagian chamber drain ini dikenal dengan sebutan “bottom drain”. Chamber ini terdapat pada bagian bawah dari alat isolated organ bath yang akan membawa kotoran kotoran berupa gas atau air ke dalam wadah yang sudah di siapkan.

Chamber Bath

Bagian chamber bath ini berfungsi sebagai wadah atau tempat penampungan kotoran yang dikeluarkan dari chamber drain.

Muschel chamber with pourous Frit

ilustrasi muscle chamber and pourous frit

Muscle chamber with pourous fit berfungsi sebagai tempat penampungan gas yang sudah mengalir dari bagian main unit ketika pertama kali organ dimasukkan ke dalam alat. Proses kerjanya akan menggunakan metode poros yang dapat bergerak sesuai dengan mekanismenya.

Control Panel & Temperature Regulator

ilustrasi control panel dan temperature regulator

Pada control panel terdapat beberapa tombol yang memiliki fungsi berbeda beda. Salah satunya tombol switch on/off yang berfungsi untuk menghidupkan atau mematikan alat. Kemudian temperature regulator yang terletak di panel atas bagian kontrol disediakan dengan tombol untuk mengatur suhu di kisaran 25 – 45 °C, dalam langkah 0,1 °C dan berfungsi untuk mengatur suhu yang di inginkan selama pengujian.

Tank Drain

ilustrasi gambar tank drain isolated organ bath

Tank drain memiliki bentuk dan fungsi yang sama dengan chamber drain. Perbedaannya hanya terletak pada jenis cairan yang ditampung. Bagian tank drain ini hanya bekerja untuk membawa gas yang akan dilarikan pada temperature equalizing coil.

Water Valve

ilustrasi gambar water valve

Water valve merupakan salah satu bagian dari alat isolated organ bath yang berbentuk menyerupai suntikan dan bekerja dengan tekanan yang dapat mengatur jumlah atau volemu air dan gas yang mengalir. Nantinya, air atau gas yang mengalir akan dihubungan ke dalam temperature equalizing coil.

Cara Menggunakan Isolated Organ Bath

ilustrasi gambar cara menggunakan isolated organ bath

Ketika ingin menggunakan suatu alat laboratorium, anda harus mengetahui dan memahami cara penggunaannya. Dibawah ini merupakan langkah langkah dalam menggunakan isolated organ bath, yaitu:

Preparasi Organ Pada Hewan

  1. Pilih hewan yang akan diuji kemudian dibiarkan puasa sealam 24 jam.
  2. Matikan hewan dengan cara dislokasi tulang belakang kepala (cervix).
  3. Bedah bagian thoraks lalu dibuka.
  4. Ambil seluruh jaringan yang ada dibagian paru.
  5. Setelah itu, potong atau sayat jaringan paru (lung strip) secara diagonal dan tegak lurus di bagian distal pada dosal ventral.
  6. Sebaiknya, pemotongan diagonal terpotong secara melingkar pada bronkhioli. Besar pemotongan sayatan paru minimal 5 x 10 x 2 mm.

Pengaitan Jaringan di Dalam Organ Bath

  1. Perhatikan bahwa dalam sistem ini, rendaman jaringan tidak bergerak. itu sendiri tidak bergerak.
  2. Setelah itu, isi chamber bath dengan larutan fisiologis.
  3. Ikatan salah satu pengait pada preparasi jaringan ke batang baja tahan karat dengan menggunakan jahitan sutra.
  4. Hubungkan batang dengan cincin dan tempatkan pada bagian ujung lainnya.
  5. Ikat jahitan lainnya ke transduser gaya dan pastikan jahitan tidak longgar di antara jaringan dan transduser gaya.
  6. Kelonggaran ini dapat diatur dengan menggunakan alat micrometer.

Mengatur Tegangan Pasif Organ Bath

  1. Gunakan micrometer dengan tujuan untuk meningkatkan tegangan hingga 2 gram dan tunggu hingga tisu mencapai dataran tinggi.
  2. Setelah dataran tinggi tercapai, tingkatkan dan regangkan 2 gram lagi dan tunggu hingga jaringan menjadi stabil.
  3. Ulangi langkah langkah ini untuk cincin aorta kedua.

Pemberian Obat Pada Jaringan Dalam Alat Organ Bath

  1. Seimbangkan jaringan pada pengait selama 60 menit setelah menerapkan tegangan pasif ke jaringan.
  2. Selama fase kesetimbangan, cuci jaringan setiap 15 – 20 menit. Tiriskan jaringan kemudian ganti larutan fisiologisnya.
  3. Selama waktu ini jaringan akan mengendur, yang ditunjukkan dengan hilangnya tegangan pasif.
  4. Siapkan obat untuk percobaan, dengan konsentrasi 1.000 kali lebih pekat daripada konsentrasi sebenarnya di chamber bath, sehingga hanya diperlukan sedikit stok obat untuk mencapai konsentrasi yang diinginkan.

Pengamatan Jaringan Dalam Isolated Organ Bath

  1. Masukkan larutan kreb’s dengan suhu 35 – 37°C ke dalam cawan petri, selanjutkan tambahkan hasil potongan atau sayatan organ paru sambil dialiri gas karbogen.
  2. Inkubasi sayatan paru selama 1 – 2 jam .setiap 10 menit, larutan kreb’s diganti ulang dengan suhu yang sama serta dialiri terus menerus gas karbogen.
  3. Setelah di inkubasi, sayatan paru dimasukkan ke dalam alat isolated organ bath untuk dilakukan proses fiksasi (pemeliharaan jaringan).
  4. Respon yang direkam atau aktivitas biologis biasanya adalah kontraksi atau relaksasi otot dalam jaringan seperti force (isometrik), displacement (isotonik).
  5. Data akan terbaca pada komputer yang sudah terhubung dengan alat isolated organ bath.

Analisis Data

  1. Pastikan untuk menyimpan data sebelum dan sesudah intervensi (misalnya, bangun atau kurva penuh).
  2. Amati dan atur garis dasar pada jaringan untuk setiap organ bath yang akan membantu dalam proses analisis data.
  3. Setelah baseline (garis dasar) ditetapkan, cari reaksi maksimal untuk setiap konsentrasi.
  4. Catat perubahan baseline (garis dasar).
  5. Baseline (garis dasar) akan mengalami perubahan dengan gerakan yang berurutan pada masing masing konsentrasi.
  6. Buat grafik dari data yang dihasilkan. Lakukan ini dalam program grafik apa pun.

Kerusakan atau Kendala Yang Sering Terjadi Pada Isolated Organ Bath

Kendala atau kerusakan dapat terjadi karena kecerobohan dan ketidak pahaman anda dalam menggunakan alat ini. Dibawah ini beberapa contoh kendala atau kerusakan yang sering terjadi pada alat isolated organ bath, yaitu:

Kerusakan / Kendala Penyebab Solusi
Katup sakelar terlepas dari main unit Adanya benturan atau terjatuh Direkatkan dengan sempurna menggunakan semen
Sakelar aliran listrik tidak menyala Terjadinya korsleting

 

Periksa bendera tegangan sebelumnya

menerapkan daya listrik.

Ganti sakelar baru.

LED tidak menyala Sakelar terlepas dari daya Pasang sakelar dengan benar

Lepaskan konektor, lalu pasang kembali.

Plunger jarum pada pengait organ, patah Tekanan yang terlalu kuat Ganti plunger dengan yang baru.

Cara Merawat Isolated Organ Bath

Sebenarnya, cara merawat alat ini cukup mudah. Perawatan rutin dilakukan setelah digunakan dengan menggunakan larutan asam asetat encer yang berfungsi untuk menghilangkan endapan kalsium. Penggantian air keran dapat diganti dengan air suling yang baru.

Hal hal yang harus diperhatikan dalam menggunakan isolated organ bath

  • Pasang wadah atau chamber bath diatas atas permukaan meja yang stabil.
  • Periksa sambungan tabung dan selang aliran untuk memastikan masukkan ruang otot pada alasnya.
  • Isi tangki, idealnya menggunakan air suling, karena ini akan sepenuhnya menghindari endapan kalsium pada dinding tangki dan elemen pemanas.
  • Namun, penggunaan air keran tidak akan menyebabkan ketidaknyamanan yang serius kecuali sedikit penurunan transparansi Perspex dan beberapa endapan kalsium pada elemen pemanas yang mungkin dalam jangka panjang memerlukan perawatan minimal untuk menghapusnya.

Kelebihan dan Kekurangan Isolated Organ Bath

Beberapa alat laboratorium pasti memiliki masing masing kelebihan dan kelemahannya. Namun, itu semua dapat diatasi dengan penggunaannya yang baik. Berikut ini beberapa kelebihan dan kelemahan dari alat isolated organ bath:

Kelebihan Alat Isolated Organ Bath

  • Tangki yang luas dan sambungan Perspex yang tebal sehingga tidak beresiko kebocoran.
  • Tabung pada organ bath tidak berbahan kaca sehingga akan pecah.
  • Reservoir coil terbuat dari akrilik yang membuat sistem bebas kerusakan dan bebas perawatan.
  • Komponen modular memungkinkan ruang jaringan dilepas dengan mudah dan memungkinkan penyelidikan dengan ruang berukuran berbeda
  • Setiap ruang secara individual dilapisi air untuk memastikan sirkulasi dan pemanasan yang seragam
  • Port luapan memungkinkan resirkulasi terpusat secara konstan untuk membatasi jumlah larutan yang diperlukan.

Kelemahan Alat Isolated Organ Bath

  • Penggunaan larutan kreb’s pada isolated organ bath dapat membuat jaringan rusak sehingga pengamatannya hanya sebentar.
  • Isolasi organ yang dilakukan pada alat dapat mengakibatkan hilangnya fungsi regulasi fisiologis pada organ yang diuji.

Harga Isolated Organ Bath

Berbicara masalah harga isolated organ bath, alat ini tergolong cukup mahal sebagai alat laboratorium. Harga alat laboratorium ini berkisar 10-15 juta tergantung jenisnya, merk, spesifikasi dan tipe yang dibutuhkan.

Tempat Membeli Alat Isolated Organ Bath

Alat isolated organ bath ini bisa anda dapatkan di tempat penjualan alat-alat laboratorium, seperti PT. Andaru Analitika Sains. Sebagai konsultan alat laboratorium, PT. Andaru Analitika Sains juga menjual alat general lab lainnya seperti analgesy meter, rotarod, mikropipet, centrifuge, BSC (Bio Safety Cabinet), Dissolution tester dan masih banyak lagi.

FAQ Seputar Isolated Organ Bath

Apa itu alat isolated organ bath?

Isolated Organ Bath disebut dengan “ruang organ”, “rendaman organ” atau “rendaman jaringan yang terisolasi” adalah alat atau tempat yang digunakan untuk jaringan ketika diberikan obat obatan atau dirangsang secara elektrik untuk mengukur fungsi dari obatnya. Secara umum, isolated organ bath dapat diartikan suatu alat yang digunakan untuk mempelajari efek obat atau zat kimia pada jaringan terisolasi secara in vitro.

Apa fungsi dari isolated organ bath?

Alat ini biasa digunakan untuk perekaman akurat kontraksi atau pelepasan jaringan isometrik atau isotonik. Selain itu, bekerja dalam mengamati efek obat pada reseptor dalam penemuan obat dan kimia kombinatorial, teknik baru seperti penyaringan throughput tinggi, penyaringan throughput ultrahigh dan penyaringan konten tinggi, farmakogenomik, proteomik, dan teknologi susunan lainnya.

Bagaimana peran isolated organ bath di dalam bidang farmakologi?

Alat isolated organ bath ini selalu digunakan pada bidang farmakologi, terutama dalam mempelajari kontraksi otot polos yang ada di dalam jaringan seperti ileum, trakea, kolon, kandung kemih, vas deferens, pembuluh darah atau cincin aorta, dan corpus cavernosum. Brikut merupakan ilustrasi alat isolated organ bath dalam bidang farmakologi.

Suatu kontraksi yang dihasilkan dari jaringan otot akan diukur menggunakan miograf. Perlu diketahui, kontraksi yang terjadi pada jaringan otot lebih mudah diamati dan diukur dibandingkan dengan jaringan yang lain. Kontraksi jaringan otot polos dapat dengan mudah diukur dengan miograf.

Awalnya, penelitian jenis ini dikembangkan untuk mempelarai atau mengamati efek antagonis dan agonis dari suatu jaringan yang dirangsang seperti jaringan saraf dan oto yang sudah beradaptasi dengan jaringan yang lain seperti jaringan epitel.

Jaringan khas dan reseptor dipelajari dengan persiapan mandi organ termasuk reseptor nikotinat, muskarinik, dan histamin di ileum atau adrenoseptor beta yang berada di dalam kandung kemih. Jaringan biasanya diambil dari hewan pengerat, seperti marmut dan mencit.

Apa yang dimaksud jaringan?

Jaringan merupakan suatu kumpulan atau kelompok yang berada diantara sel dan organ.

Bagaimanakah spesifikasi dari jaringan ikat?

Jaringan ikat dikenal sebagai “jaringan fibrosa” yang terbentuk dari sel sel yang sudah terpisah dari sel mati yang disebut matriks ekstraselluler. Matriks ekstrakseluler bisa berwujud cair maupun beku. Jenis jaringan ini berfungsi untuk membentuk suatu organ kemudian mengikat atau menahannya. Beberapa contoh jaringan ikat di dalam tubuh hewan seperti tendon, adipose, ligament dan jaringan areolar.

Bagian bagian apa saja yang terdapat dalam alat isolated organ bath?

  • Temperature equalizing coil
  • Chamber bath
  • Control panel dan temperature regulator
  • Chamber drain
  • Muscle chamber with pourous frit
  • Tank drain
  • Water valve

Apa yang dimaksud dengan metode tissue organ bath?

Tissue organ bath merupakan salah satu metode yang digunakan sebagai proses skrining farmakologi yang klasik untuk mengamati hubungan konsentrasi serta respons terhadap jaringan kontraktil.

Pengujian apa saja yang biasa dilakukan menggunakan metode tissue organ bath?

Pengujian yang paling umum dari metode tissue organ bath adalah dalam penelitian kardiovaskular, menggunakan cincin aorta terisolasi, jaringan jantung (otot papiler, ventrikel kiri) atau arteri. Untuk mempelajari efek gastro-intestinal, preparat ileum dan kolon sering digunakan, tetapi juga otot antral lambung dan sfingter dapat dipelajari.

Bagaimana mekanisme kerja water valve yang merupakan bagian dari isolated organ bath?

Water valve merupakan salah satu bagian dari alat isolated organ bath yang berbentuk menyerupai suntikan dan bekerja dengan tekanan yang dapat mengatur jumlah atau volemu air dan gas yang mengalir. Nantinya, air atau gas yang mengalir akan dihubungan ke dalam temperature equalizing coil.

Kelebihan apa saja yang ada dalam metode tissue organ bath?

  • Preparat in vitro ini juga lebih mudah di instrumentasi.
  • Sangat mudah mengalami perubahan terkontrol dalam perpusat dan adanya ketersediaan oksigen.
  • Lebih simple karena tidak perlu memberikan obat kepada hewan hidup.
  • Kurva efek konsentrasi yang dapat di reproduksi dengan menggunakan agen kontraktil atau relaksan.

Komponen apa saja yang terdapat dalam one chamber organ bath?

Jenis alat ini memiliki chamber atau bak air tunggal dengan bahan Perspex bening yang ukurannya 19 x 19 x 17 cm, terdapat beberapa komponen didalamnya seperti:

  • Ruangan penyeimbang suhu
  • Satu batang penopang yang dapat diatur dengan transduser
  • Terdapat pengatur posisi lead – screw pada main unit.

Bagaimana cara pemberian obat pada jaringan dalam alat organ bath?

  1. Seimbangkan jaringan pada pengait selama 60 menit setelah menerapkan tegangan pasif ke jaringan.
  2. Selama fase kesetimbangan, cuci jaringan setiap 15 – 20 menit. Tiriskan jaringan kemudian ganti larutan fisiologisnya.
  3. Selama waktu ini jaringan akan mengendur, yang ditunjukkan dengan hilangnya tegangan pasif.
  4. Siapkan obat untuk percobaan, dengan konsentrasi 1.000 kali lebih pekat daripada konsentrasi sebenarnya di chamber bath, sehingga hanya diperlukan sedikit stok obat untuk mencapai konsentrasi yang diinginkan.

Jenis jaringan apa saja yang terdapat di dalam jaringan saraf ?

Jenis jaringan saraf ini terdiri dari beberapa jenis yaitu serabut saraf panjang yang lebih dikenal “akson” atau “neurit” bertugas mengantarkan rangsangan dari badan sel ke saraf tertentu lainnya, serabut saraf pendek yang lebih dikenal sebagai “neurit” dan dendrit yang menghasilkan rangsangan dari sel saraf neurit ke sel saraf lainnya.

Komponen apa saja yang terdapat dalam four chamber organ bath?

Four chamber organ bath memiliki 4 wadah atau bak air yang memiliki ukuran 47 x 29 x 22 cm. Pada alat ini juga terdapat beberapa komponen, yaitu:

  • Terdapat empat kumparan penyeimbang suhu
  • Ada empat batang penopang yang diatur dengan transduser
  • Empat pengatur posisi lead screw

Langkah langkah apa saja yang dilakukan dalam menyayat organ hewan?

  1. Pilih hewan yang akan diuji kemudian dibiarkan puasa sealam 24 jam.
  2. Matikan hewan dengan cara dislokasi tulang belakang kepala (cervix).
  3. Bedah bagian thoraks lalu dibuka.
  4. Ambil seluruh jaringan yang ada dibagian paru.
  5. Setelah itu, potong atau sayat jaringan paru (lung strip) secara diagonal dan tegak lurus di bagian distal pada dosal ventral.
  6. Sebaiknya, pemotongan diagonal terpotong secara melingkar pada bronkhioli. Besar pemotongan sayatan paru minimal 5 x 10 x 2 mm.

Kerusakan atau kendala apa saja yang sering terjadi pada isolated organ bath?

  • Katup sakelar terlepas dari main unit
  • Sakelar aliran listrik tidak menyala
  • LED tidak menyala
  • Plunger jarum pada pengait organ, patah

Bagaimana cara pengaitan jaringan di dalam organ bath?

  1. Perhatikan bahwa dalam sistem ini, rendaman jaringan tidak bergerak. itu sendiri tidak bergerak.
  2. Setelah itu, isi chamber bath dengan larutan fisiologis.
  3. Ikatan salah satu pengait pada preparasi jaringan ke batang baja tahan karat dengan menggunakan jahitan sutra.
  4. Hubungkan batang dengan cincin dan tempatkan pada bagian ujung lainnya.
  5. Ikat jahitan lainnya ke transduser gaya dan pastikan jahitan tidak longgar di antara jaringan dan transduser gaya.
  6. Kelonggaran ini dapat diatur dengan menggunakan alat micrometer.

Apa fungsi dari jaringan epitel ?

Fungsi dari jaringan epitel adalah sebagai pelindung yang digunakan dengan proses sekresi dan absorpsi.

Cara apa saja yang dilakukan dalam mengamati jaringan dengan alat isolated organ bath?

  1. Masukkan larutan kreb’s dengan suhu 35 – 37°C ke dalam cawan petri, selanjutkan tambahkan hasil potongan atau sayatan organ paru sambil dialiri gas karbogen.
  2. Inkubasi sayatan paru selama 1 – 2 jam .setiap 10 menit, larutan kreb’s diganti ulang dengan suhu yang sama serta dialiri terus menerus gas karbogen.
  3. Setelah di inkubasi, sayatan paru dimasukkan ke dalam alat isolated organ bath untuk dilakukan proses fiksasi (pemeliharaan jaringan).
  4. Respon yang direkam atau aktivitas biologis biasanya adalah kontraksi atau relaksasi otot dalam jaringan seperti force (isometrik), displacement (isotonik).
  5. Data akan terbaca pada komputer yang sudah terhubung dengan alat isolated organ bath.

Bagaimana cara melakukan kalibrasi pada alat isolated organ bath?

  1. Masukkan sediaan atau larutan uji ke dalam bilik, sambungkan transduser, yang stabil secara thermal pada suhu yang diatur.
  2. Isi chamber dengan menarik valve plunger.
  3. Bersihkan coil penyeimbang suhu dari gelembung udara.
  4. Periksa operasional katup dengan mengisi dan menguras dalam beberapa menit.

Hal hal apa saja yang perlu diperhatikan dalam menggunakan isolated water bath?

  • Pasang wadah atau chamber bath diatas atas permukaan meja yang stabil.
  • Periksa sambungan tabung dan selang aliran untuk memastikan masukkan ruang otot pada alasnya.
  • Isi tangki, idealnya menggunakan air suling, karena ini akan sepenuhnya menghindari endapan kalsium pada dinding tangki dan elemen pemanas.
  • Namun, penggunaan air keran tidak akan menyebabkan ketidaknyamanan yang serius kecuali sedikit penurunan transparansi Perspex dan beberapa endapan kalsium pada elemen pemanas yang mungkin dalam jangka panjang memerlukan perawatan minimal untuk menghapusnya.

Bagaimana mekanisme kerja one chamber organ bath?

Pada proses kerjanya, larutan pencuci atau larutan uji akan memasuki ruang alat setelah melewati suhu penyeimbang dan katup jarum suntik. Jaringan di cuci dengan membilas ruangan melalui outlet yang meluap untuk menghindari paparan udara.

Pengadukan air dalam tangki dilakukan dengan pancaran air yang dikirim oleh pompa sentrifugal yang terletak di kotak kontrol yang terpasang pada tangki. Elemen pemanas stainless steel 250 W dipasang di lantai tangki Perspex. Suhu yang digunakan dipertahankan dengan keseragaman +/- 1%. Kemudian cairan yang tidak terpakai akan mengalir ke chamber drain atau keran pembuangan disediakan di bagian depan bak mandi.

Komponen apa saja yang terdapat pada dual chamber organ bath?

Pada dual chamber bath terdapat dua chamber atau bak yang berukuran 34 x 19 x 17 cm. Di dalam alat ini juga terdapat beberapa komponen seperti:

  • Dua kumparan penyeimbang suhu
  • Terdapat dua batang penopang yang dapat diatur dengan transduser
  • Terdapat dua pengatur posisi lead – screw

Cara apa saja yang dilakukan dalam menganalisis data pada hasil pengamatan jaringan dalam organ bath?

  1. Pastikan untuk menyimpan data sebelum dan sesudah intervensi (misalnya, bangun atau kurva penuh).
  2. Amati dan atur garis dasar pada jaringan untuk setiap organ bath yang akan membantu dalam proses analisis data.
  3. Setelah baseline (garis dasar) ditetapkan, cari reaksi maksimal untuk setiap konsentrasi.
  4. Catat perubahan baseline (garis dasar).
  5. Baseline (garis dasar) akan mengalami perubahan dengan gerakan yang berurutan pada masing masing konsentrasi.
  6. Buat grafik dari data yang dihasilkan. Lakukan ini dalam program grafik apa pun.

Bagaimana cara mengatur tegangan pasif pada organ bath?

  1. Gunakan micrometer dengan tujuan untuk meningkatkan tegangan hingga 2 gram dan tunggu hingga tisu mencapai dataran tinggi.
  2. Setelah dataran tinggi tercapai, tingkatkan dan regangkan 2 gram lagi dan tunggu hingga jaringan menjadi stabil.
  3. Ulangi langkah langkah ini untuk cincin aorta kedua.

Apa saja kelebihan menggunakan alat isolated organ bath?

  • Tangki yang luas dan sambungan Perspex yang tebal sehingga tidak beresiko kebocoran.
  • Tabung pada organ bath tidak berbahan kaca sehingga akan pecah.
  • Reservoir coil terbuat dari akrilik yang membuat sistem bebas kerusakan dan bebas perawatan.
  • Komponen modular memungkinkan ruang jaringan dilepas dengan mudah dan memungkinkan penyelidikan dengan ruang berukuran berbeda
  • Setiap ruang secara individual dilapisi air untuk memastikan sirkulasi dan pemanasan yang seragam
  • Port luapan memungkinkan resirkulasi terpusat secara konstan untuk membatasi jumlah larutan yang diperlukan.

Kelemahan apa yang terdapat pada alat isolated organ bath?

  • Penggunaan larutan kreb’s pada isolated organ bath dapat membuat jaringan rusak sehingga pengamatannya hanya sebentar.
  • Isolasi organ yang dilakukan pada alat dapat mengakibatkan hilangnya fungsi regulasi fisiologis pada organ yang diuji.

Solusi apa yang dilakukan jika LED pada organ bath tidak menyala?

  • Pasang sakelar dengan benar
  • Lepaskan konektor, lalu pasang kembali

Berapakah harga alat isolated organ bath?

Harga alat isolated organ bath ini berkisar 10-15 juta tergantung jenisnya, merk, spesifikasi dan tipe yang dibutuhkan.

Sebagai informasi tambahan, PT. Andaru Analitika Sains adalah konsultan alat laboratorium yang menyediakan solusi lengkap kebutuhan alat laboratorium. Bagi anda yang membutuhkan alat laboratorium bisa mengunjungi alamat googlemaps, menghubungi kami via whatsapp 087777277740 atau telepon 0251-7504679. Link brand dan produk alat laboratorium tersedia pada tautan : List Brand Alat Laboratoriumjual-alat-laboratorium-kontak-whatsapp-apm

Penulis : FR

Sumber : wikipedia, jurnal brawijaya, ncbi

Baik, kalau begitu sekian dulu pembahasan mengenai “Isolated Organ Bath – Pengertian dan Fungsi Isolated Organ Bath”  Semoga informasi ini bermanfaat. Jika diantara sobat ada yang memiliki saran, silahkan isi di kolom komentar ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *