Bagian Bagian Alat Sieve Shaker

Bagian Bagian Sieve Shaker – Halo pembaca artikel alat laboratorium, pada artikel kali ini penulis akan membahas artikel pendek berjudul ” Bagian Bagian Sieve Shaker “. Untuk lebih jelasnya, yuk kita lanjut ke pembahasan mengenai bagian bagian sieve Shaker.

Bagian Bagian Dari Alat Sieve Shaker

ilustrasi gambar bagian sieve shaker

Alat laboratorium sieve shaker ini terdiri dari beberapa bagian yang berfungsi sebagai komponen untuk mendukung proses kerjanya. Berikut ini bagian bagian dari alat sieve shaker, yaitu:

Clamp Hand Weel

ilustrasi gambar clamp hand wheels

Clamp hand weel berfungsi sebagai pengunci yang mengencangkan susunan pan receiver dan ayakan sehingga saat digunakan tidak kendur.

Sieve Stack

ilustrasi gambar sieve stack

Sieve stack disebut juga sebagai pan receiver adalah susunan dari beberapa ayakan mesh yang sudah terikat dengan sieve shaker.

Clamp Plate

ilustrasi gambar clamp plate

Clamp plate disebut sebagai pelindung atau penutup bahan. Ketika terjadi getaran dari mesin vibrator, bahan tidak akan keluar dan tetap aman di dalam alat sieve shaker.

Large Plain Clamp Washer

ilustrasi gambar large plain clamp washer

Bagian ini berada pada bagian atas sebelah kanan dan kiri. Clamp washer berfungsi sebagai pencapit atau penjepit yang digunakan untuk memastikan bagian lain tidak berubah posisi. Cara menggunakannya adalah dengan diputar searah jarum jam.

Round Clamp Rod

ilustrasi gambar round clamp rod

Bagian ini berbentuk batang lurus panjang yang terbuat dari besi dan digunakan sebagai penyangga di antara sieve stack.

Vibrator

ilustrasi gambar vibrator

Vibrator merupakan salah satu bagian dari sieve shaker yang berfungsi sebagai media yang menghasilkan getaran sehingga menyebabkan pergerakkan pada bahan yang ada di dalam alat tersebut. Pergerakkan tersebut membuat bahan masuk ke dalam lubang mesh yang akan menghasilkan bahan halus.

Fuse Holder

ilustrasi gambar fuse holder

Fuse holder berada pada bagian belakang alat sieve shaker. Bagian ini sangat berperan penting pada aliran listrik yang akan menghasilkan energi elektromagnetik pada ini.

Microcontroller

ilustrasi gambar microcontroller

Microcontroller berbentuk chip yang bekerja dengan mengontrol dan memberikan sinyal dalam rangkaian alat sehingga dapat menyimpan data yang dihasilkan.

LCD Display

ilustrasi gambar LCD display

LCD display adalah salah satu bagian sieve shaker yang berfungsi untuk menampilkan jumlah kecepatan dan waktu yang sudah diatur dengan microcontroller.

Motor DC

ilustrasi gambar motor DC

Motor DC merupakan salah satu bagian dari alat shaker yang akan mengubah energi listrik menjadi kinetik. Energi yang dihasilkan nantinya akan menghasilkan gerakan rotasi atau perputaran sehingga alat bisa beroperasi.

Pada motor DC terdapat dua bagian yang ikut berperan pada proses kerjanya. yaitu stator dan rotor. Stator merupakan bagian yang tidak bisa bergerak karena adanya rangkaian dan kumparan medan. Sedangkan rotor adalah bagian yang dapat bergerak secara berputar karena terdapat kumparan jangkar.

Switch ON / OFF

Ilustrasi gambar siwtch on off

Switch on/off merupakan tombol yang digunakan untuk menghidupkan atau mematikan alat sieve shaker.

Ditulis oleh : NM

Ohiya ada informasi tambahan nih untuk anda, PT Andaru Analitika Sains sebagai salah satu distributor alat laboratorium juga menjual alat Spektrofotometer lho, yang bisa digunakan untuk berbagai macam penelitian , baik di kampus maupun di laboratorium. Seperti penelitian kimia, farmasi, biologi hingga kedokteran. Untuk informasi lebih lanjut anda bisa hubungi WhatsApp : +62-8777-7277-740 atau Tel : (0251) 7504679. Link alamat penulis sertakan di googlemaps.

Oke, sampai disini dulu pembahasan tentang Bagian Bagian Sieve Shaker. Pada artikel pendek selanjutnya penulis akan membahas tentang Cara Menggunakan Sieve Shaker. Jika anda ingin membaca artikel versi lengkap, bisa menekan link berikut : Sieve Shaker.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *