Tabung Reaksi – Fungsi dan Kegunaannya di Laboratorium

Tabung Reaksi – Halo sobat pembaca artikel alat laboratorium, semoga anda semua sehat selalu ya. kali ini penulis akan membahas mengenai peralatan gelas yang paling sering digunakan. Alat gelas yang satu ini merupakan pendukung dari pekerjaan kita di laboratorium. Apakah alat gelas itu? Yap, tabung reaksi. Kita simak fungsi dan kegunannya di bawah ini yuk.

artikel tabung reaksi
Ilustrasi Tabung Reaksi

Fungsi Tabung Reaksi

Alat laboratorium yang satu ini mungkin sudah tidak asing lagi bagi anda yang sering bekerja di laboratorium. Lewat artikel singkat ini, penulis akan menjabarkan fungsi dan beberapa kegunaan dari alat tersebut. Yuk simak ulasannya.

Apa itu tabung reaksi ?

Tabung reaksi adalah peralat gelas dalam laboratorium yang berfungsi untuk menaruh suatu larutan atau bahan kimia. Peralatan gelas yang satu ini memiliki bentuk seperti tabung panjang. Larutan yang bisa ditaruh di dalam tabung ini bisa bermacam-macam. Mulai dari suspensi, gel, cair padat dan yang lainnya. Biasanya dalam praktikum di laboratorium, peralatan gelas yang satu ini juga digunakan untuk melakukan pencampuran pada beberapa reaksi kimia. Alat ini terbuat dari bahan kaca, sehingga pada beberapa praktikum pun, boleh langsung didekatkan dengan nyala api seperti bunsen dengan menggunakan penjepit kayu, ketika hendak melakukan pemanasan pada suatu bahan atau larutan.

Sebelum lanjut ke pembahasan, PT Andaru Analitika Sains sebagai salah satu distributor alat laboratorium juga menjual peralatan gelas tersebut, yang bisa digunakan untuk berbagai macam penelitian , baik di kampus maupun di laboratorium. Seperti laboratorium kimia, farmasi, mikrobiologi dan biologi. Untuk informasi lebih lanjut anda bisa hubungi WhatsApp : +62-8777-7277-740 atau Tel : (0251) 7504679. Link alamat penulis sertakan di googlemaps.

Kegunaannya di Laboratorium

Contoh Penggunaan Tabung Reaksi
Contoh Penggunaan di Laboratorium

Pada beberapa praktikum di laboratorium kimia, alat ini juga digunakan sebagai tempat melakukan pencampuran reaksi kimia. Seperti uji fitokimia yang didalamnya terdapat uji flavonoid, uji alkoloid, uji saponin, uji tanin, hingga steroid dan terpenoid. Semua uji tersebut memerlukan tabung reaksi sebagai tempat pencampurannya. Dan dapat anda lihat seperti pada ilustrasi di atas, biasanya untuk melakukan praktikum tersebut, membutuhkan agar larutan yang berada di dalamnya dalam kondisi tegak.

Itu dia kegunaan dari alat yang satu ini. Bagi anda yang sudah sering menggunakan alat gelas yang satu ini, boleh bagikan pengalamannya di kolom komentar ya. Yuk kita sharing!

Ditulis Oleh : DNA

Sampai disini dulu artikel seputar  Tabung Reaksi . Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk anda ya. Jangan lupa untuk kunjungi artikel-artikel lainnya di blog ini. Tetap terapkan 5 M seperti menjaga jarak, memakai masker, mencuci tangan, mengurangi mobilitas dan menghindari kerumunan. Stay healthy!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *