Bagian Bagian Spektrofotometer

Bagian Bagian Spektrofotometer – Halo pembaca artikel alat laboratorium, pada artikel kali ini penulis akan membahas artikel pendek berjudul Bagian bagian spektrofotometer. Untuk lebih jelasnya, yuk kita lanjut pembahasan bagian bagian spektrofotometer.

Bagian Bagian Spektrofotometer 

Sebelum berlanjut ke bagian bagian spektrofotometer, penulis juga menyediakan Artikel lengkap tentang spektrofotometer berikut tautannya : spektrofotometer

Kita lanjut ke poin selanjutnya yuk, yakni mengenai spektrofotometer . Spektro ini memiliki bagian-bagian diantaranya ada sumber radiasi, monokromator, wadah sampel (kuvet), dan detektor. Untuk lebih lengkapnya, anda bisa lihat pada ilustrasi berikut ya.

bagian bagian dari spektrofotometer

Sumber Radiasi

Pertama ada sumber radiasi. Sumber sinar ini berasal dari spektrofotometer  dengan beberapa jenis lampu. Diantaranya ada lampu hidrogen, lampu deuterium yang memiliki panjang gelombang 180-350 nm, lampu xenon, dan lampu pijar tungsten yang memiliki panjang gelombang 350-2500 nm.

Monokromator

Selanjutnya ada bagian monokromator yang terdapat pada spektrofotometer  ini berfungsi untuk memecah sumber cahaya radiasi menjadi radiasi dengan pita energi yang lebih sempit (monokromatis). Monokromator juga  dapat menghasilkan sinar radiasi dengan lebar pita efektif sebesar 35 – 0,1 nm.

Wadah Sampel (Kuvet)

Yang ketiga ada wadah sampel atau kuvet. Kuvet ini berfungsi untuk menaruh sampel larutan yang akan diuji. Kuvet memliki bentuk persegi panjang kecil dengan ketebalan yang berbeda-beda, dari 1-10 cm. Wadah sampel atau kuvet ini terbuat dari bahan silika. Pada spektrofotometer , kuvet ini ditaruh di dalam spektro yang dalam pengujiannya nanti akan ditutup.

Detektor

Yang terakhir ada detektor. Detektor pada alat spektrofotometer ini berfungsi untuk menangkap cahaya. Cahaya tersebut nantinya akan diteruskan dari sampel dan mengubahnya menjadi arus listrik. Syarat detektor spektrofotometer adalah harus memiliki sensitifitas yang tinggi. Hal ini dikarenakan daya radiasi yang kecil dapat terdeteksi, hingga akan memiliki hasil yang stabil nantinya.

Istilah – Istilah 

Beberapa istilah yang sering dipakai dalam spektrofotometer adalah absorbansi, transmitan, kuvet, drive cell, dan blanko. Berikut penjelasannya.

  1. Absorbansi adalah daya radiasi sinar yang diserap oleh larutan baik itu larutan baku maupun blanko
  2. Transmitan adalah daya radiasi sinar yang diteruskan atau yang keluar dari kuvet dan daya radiasi sinar yang masuk ke dalam kuvet.
  3. Kuvet adalah tempat untuk meletakkan larutan, baik larutan blanko maupun larutan baku.
  4. Drive cell adalah tempat untuk meletakkan kuvet.
  5. Blanko. Blanko ini berfungsi untuk mengoreksi adanya sinar yang dipantulkan oleh kuvet dan sinar yang diserap oleh sampel lain.
contoh alat spektrofotometer
ilustrasi contoh alat spektrofotometer

Ditulis oleh : NM

Oke, sampai disini dulu pembahasan tentang bagian bagian spektrofotometer. Pada artikel pendek selanjutnya penulis akan membahas tentang Cara & Prinsip Kerja Alat Spektrofotometer. Jika anda ingin membaca artikel versi lengkap, bisa menekan link berikut : spektrofotometer.

Ohiya ada informasi tambahan nih untuk Teman-teman, PT Andaru Analitika Sains sebagai salah satu distributor alat laboratorium juga menjual alat Spektrofotometer lho, yang bisa digunakan untuk berbagai macam penelitian , baik di kampus maupun di laboratorium. Seperti penelitian kimia, farmasi, biologi hingga kedokteran. Untuk informasi lebih lanjut anda bisa hubungi WhatsApp : +62-8777-7277-740 atau Tel : (0251) 7504679. Link alamat penulis sertakan di googlemaps.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *