Penggunaan Hotplate Stirrer di Bidang Kimia

Penggunaan Hotplate Stirrer – Halo sobat pembaca artikel alat laboratorium, bagaimana kabarnya? Semoga anda semua sehat selalu ya. Seperti yang kita tahu, hotplate stirrer adalah alat laboratorium yang digunakan untuk melakukan pengadukan dan pemanasan pada suatu larutan, dengan suhu yang konstan. Nah, bagaimana sih spesifikasi penggunaannya pada bidang kimia? Yuk kita simak penjelasannya berikut ini.

ilustrasi hotplate stirrer
Contoh Gambar Alat Hotplate Stirrer

Hotplate Stirrer di Bidang Kimia

Seperti yang kita tahu, hotplate stirrer merupakan alat yang digunakan untuk melakukan pemanasan atau penguapan suatu sampel larutan. Alat ini sering digunakan pada bidang kimia. Salah satunya adalah proses pemanasan larutan NaCl di laboratorium kimia.

Sebelum lanjut ke pembahasan, PT Andaru Analitika Sains sebagai salah satu distributor alat laboratorium juga menjual alat hotplate stirrer tersebut, yang bisa digunakan untuk berbagai macam penelitian , baik di kampus maupun di laboratorium. Seperti penelitian kimia, farmasi dan biologi. Untuk informasi lebih lanjut anda bisa hubungi WhatsApp : +62-8777-7277-740 atau Tel : (0251) 7504679. Link alamat penulis sertakan di google maps.

Pemanasan Larutan NaCl dengan Hotplate Stirrer

Pemanasan larutan pada Natrium Chlorida atau NaCl dilakukan agar diperoleh gas klorin dalam proses penelitian. Sebelumnya, apa itu gas klorin? Gas klorin adalah gas yang didapat ketika memanaskan larutan NaCl pada suhu yang sangat tinggi. Gas klorin ini biasanya dihasilkan dari industri-industri, terutama pada pembuatan sabun cuci. Klorin memiliki unsur yang khas, yakni berbentuk gas berwarna hijau kekuningan dan memiliki bau yang khas seperti pemutih.

pemanasan-larutan-illustrasi
Ilustrasi Proses Pemanasan

Lalu, apa hubungannya dengan hotplate stirrer ?

Pada beberapa industri kecil maupun praktikum farmasi, hotplate stirrer digunakan untuk melakukan pemanasan dan homogenisasi larutan sehingga didapatkan gas klorin yang dijelaskan tadi. Seperti apa tahapan penggunaannya ? Berikut penjelasannya.

Cara Menggunakan

  1. Gunakan alat pelindung diri yang lengkap, seperti hand gloves, jas laboratorium dan tentu saja masker.
  2. Hubungkan alat dengan arus listrik.
  3. Masukkan larutan NaCl atau natrium chlorida yang akan dipanaskan ke dalam beaker glass. Jangan lupa untuk memasukkan juga magnetic stirrer ke dalamnya. Magnetic stirrer ini berfungsi untuk membuat daya putar dari larutan semakin cepat.
  4. Jika sudah, letakkan beaker glass tersebut ke atas piringan Hot Plate.
  5. Kemudian atur suhu dan kecepatan yang telah ditentukan.
  6. Tekan tombol on.
  7. Tunggu dan biarkan larutan NaCl tersebut hingga mendidih, dan didapatkan gas klorin.
  8. Setelah mendidih putar tombol suhu dan tombol magnetic stirrer kembali ke angka nol.
  9. Angkat beaker glass menggunakan heat resistent gloves agar tidak kepanasan.
  10. Terakhir, lepaskan hubungan arus listrik.

Penggunaan hotplate stirrer ini harus dilakukan secara hati-hati. Saat hendak mengambil sampel larutan yang sudah dipanaskan, sebaiknya anda menggunakan sarung tangan atau hot hand. Hal ini dapat meminimalisir kejadian yang tidak diinginkan. Bagi anda yang memiliki pengalaman menggunakan alat ini, silahkan bagikan di kolom komentar ya.

Ditulis Oleh : DNA

Referensi : Jurnal Fisika Flux Vol.17

Sampai disini dulu artikel seputar penggunaan hotplate stirrer di bidang kimia. Semoga bermanfaat bagi anda yang sedang mencari informasi terkait alat ini ya. Karena masih berada di masa pandemi covid-19, jangan lupa untuk tetap patuhi protocol kesehatan 5M ya, seperti menjaga jarak, memakai masker, menghindari kerumunan, mencuci tangan dan mengurangi mobilitas. Stay healthy labs!

Sampai jumpa di artikel selanjutnya. Stay healthy!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *